City Portal of Pekanbaru

Sahabat Malaysia Jembatan Dua Negara

Lulus.jpg
(istimewa)

Konsulat Malaysia Pekanbaru membentuk komunitas "Sahabat Malaysia" guna menyatukan para warga negara Indonesia yang merupakan alumni dari sejumlah universitas di Malaysia.

"Sahabat Malaysia ini sebagai bentuk peningkatan kerjasama bilateral antara kedua negara di tingkat hubungan masyarakat," ujar Konsulat Jenderal Malaysia Perwakilan Pekanbaru, Hardi Hamdin di Hotel Grand Jatra Pekanbaru, Senin (38/11).

Dia menuturkan, hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia bukan hanya tanggung jawab antar pemimpin atau institusi tapi juga antar masyarakat di kedua negara. Dengan adanya Sahabat Malaysia, nantinya dapat memberikan informasi kepada masyarakat terutama Pekanbaru untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang negeri jiran itu.

Selain itu, para anggota dari komunitas antar bangsa ini diharapkan dapat saling berbagi informasi yang positif demi kebaikan bersama.

Komunitas ini membantu untuk menjembatani dan memahami isu-isu yang ada di Malaysia dan di Indonesia, dalam hal ini Riau. Sehingga secara tidak langsung mempererat hubungan sesama masyarakat.

Untuk saat ini jumlah Sahabat Malaysia yang tersebar di Riau berjumlah lebih dari seratus orang.

Sedangkan untuk mahasiswa Malaysia yang kuliah di Pekanbaru saat ini berjumlah 183 orang. Mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, yang total mencapai 220 orang. (ant)