City Portal of Pekanbaru

Blogger Bertuah Gelar Lomba Menulis Lawan Korupsi

ayo-lawan-korupsi.jpg
(istimewa)

KOMUNITAS blogger atau narablog menggelar lomba penulisan blog bertema cegah korupsi dalam memeriahkan perayaan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) 2016 yang akan digelar di Kota Pekanbaru.

"Kita harapkan muncul tulisan-tulisan inspiratif dari para blogger baik di Pekanbaru, atau sekitarnya," papar Ketua Blogger Bertuah Pekanbaru, Rido Faldana, di Pekanbaru, Senin (5/12).

Dia mengemukakan, tujuan digelar lomba tulisan tersebut adalah untuk mencegah prilaku koruptif terutama dalam kehidupan sehari-hari, dan harus dimulai sejak usia dini. Tema besar kali ini adalah “Ayo Cegah Korupsi”, dengan sub tema bisa dipilih antara lain seperti langkah pribadi cegah korupsi, langkah instansi atau organisasi, dan saran semua orang cegah prilaku korupsi.

Untuk periode lomba tulisan ini, berlangsung selama sepuluh hari atau sejak 2 sampai 12 Desember 2016, dan kemudian dinilai oleh dewan juri. Juri sendiri berasal dari komunitas Blogger Bertuah dan sejumlah wartawan media cetak di Pekanbaru yang akan diumumkan saat perayaan puncak HAKI di Anjung Seni Idrus Tintin pada 15 Desember mendatang.

"Dalam rentang waktu itu, selain publikasikan di blog masing-masing, peserta juga kita minta daftarkan tulisan ke panitia. Sebab ada formulir khusus kita siapkan dan harus diisi," ucap Rido.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menghadiri puncak acara peringatan HAKI tahun ini yang digelar di Pekanbaru dengan mengusung tema "Ayo Riau Bergerak Untuk Indonesia Tangguh".

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pekan lalu telah meminta semua unsur komponen masyarakat untuk mensukseskan HAKI di Pekanbaru tersebut. "Acara HAKI, ini baru kali pertama dilaksanakan di luar Pulau Jawa. Sedangkan rembuk integritas nasional yang ketiga, juga pertama di Riau," tutur Arsyadjuliandi.

Dia melanjutkan, kedua event bertaraf nasional tersebut dipercayakan kepada Pemerintah Provinsi Riau tuan rumah, dan menunjuk Kota Pekanbaru sebagai daerah pelaksana. Kedua event ini telah mulai digelar tanggal 2 Desember lalu yang berlangsung sampai 10 Desember dengan puncak acaranya pada 8-9 Desember 2016.

"Ini kan sebagai bentuk komitmen kita, dalam memerangi korupsi. Saya minta semua pihak untuk secara bersama-sama mendukung acara HAKI dan rembuk integritas nasional, sebagai tuan rumah yang baik," terang Andi. (ant)