City Portal of Pekanbaru


Garap Kostum Super Hero, Riau Kostum Kewalahan Terima Tawaran

usaha-kreatif.jpg
(istimewa)

YANDRI Rosti jeli menangkap peluang dengan usaha kreatif berupa pembuatan kostum robot, pahlawan super dan maskot, dengan merek Riaukostum.com.

"Tiga tahun saya begerak di usaha ini dan setiap tahun permintaan terus meningkat 100 persen," kata Yandri Rosi, pemilik Riaukostum.com di Pekanbaru, Selasa (6/12).

Riaukostum.com adalah salah satu dari 100 peserta Festival Industri Kreatif Riau 2016, yang akan digelar 17 Desember 2016 di pelataran parkir BI Perwakilan Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, mulai pukul 08.00 WIB.

Yandri menuturkan usaha yang digelutinya sejak 2013 lalu itu saat ini terus berkembang dengan pendapatan bersih mencapai Rp10 juta perbulan.

Dia mengatakan pada tahun pertama merintis usaha tersebut, banyak rintangan dan tantangan yang harus dihadapi. Namun, dia mengatakan terus belajar secara mandiri meski sejumlah produk yang dihasilkan mengalami kegagalan.

Hasilnya, saat ini usahanya terus berkembang hingga membuka lapangan kerja bagi 17 karyawannya.

Ia mengatakan usaha kreatif yang dijalankan tersebut merupakan satu-satunya di Pekanbaru. Dia berharap, akan muncul usaha sejenis di Kota Bertuah tersebut karena menurutnya peluang pasar masih terbuka cukup lebar.

"Peluang masih sangat besar, bahkan saya kerap kewalahan menerima tawaran menampilkan kostum," ujarnya.

Lebih jauh, ia turut berbagi tips untuk terus mengembangkan bisnisnya tersebut adalah dengan terus berinovasi dan jangan cepat puas dengan apa yang dihasilkan.

"Kami dan tim selalu berinovasi. Kira-kira tren kostum apa yang bakal menjadi idola masyarakat tahun mendatang. Kalau sebelumnya itu ada kostum Transformer, nah kita terus pelajari itu. Salah satunya melalui film," ujar salah satu peraih Wirausaha Muda Mandiri 2014 lalu itu.

Dia mengatakan kepada masyarakat Kota Pekanbaru dan sekitarnya yang penasaran dengan produk Riaukostum.com, dapat menyaksikannya di Festival Industri Kreatif 2016 pada Sabtu pekan depan di Gedung BI Riau. (ant)