City Portal of Pekanbaru


Riau Craft, Kreatif dengan Produk Ramah Lingkungan

riau-craft.jpg
(istimewa)

Riau Craft, Kreatif dengan Produk Ramah Lingkungan

RIAU Craft & Art ikut meramaikan industri kreatif di Riau, dengan keunggulan produk ramah lingkungan. Itu karena bahan bakunya dari serat alam seperti batok kelapa atau kelopak mayang.

"Jenisnya seperti miniatur pedang dari kelopak mayang kelapa, tempat buah, pot bunga, lampu tidur, dan sampan layar. Lebih cenderung ke asosoris interior juga," kata pengrajin Riau Craft, Ahmad Maksum, di tempat usahanya di Jalan Hang Tuah Pekanbaru, Selasa (7/12).

Riau Craft adalah salah satu peserta pada Festival Industri Kreatif Riau 2016, yang akan digelar 17 Desember di pelataran parkir gedung Bank Indonesia (BI) perwakilan Riau di Jl Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Ahmad Maksum mengatakan, produk miniatur diwarnai dengan tetap menonjolkan bentuk asli bahan alamnya. Harganya mulai Rp200 ribu sampai Rp5 juta lebih. Ukurannya rata-rata 30 x 10 cm jika dikotakkan.

Pada festival nanti ia antara lain akan membawa hiasan pedang yang saat ini banyak digemari, bertuliskan kaligrafi QS : Al-Kaafiruun pada badan pedang lengkap dengan frame berukuran besar berwarna putih bersih.

"Sangat kontras dengan warna coffee brown pada badan pedang dan warna natural pada gagang pedang," tuturnya.

Pedang Eksklusif Riau Craft ini berbahan utama kelopak mayang kelapa. Yakni kelopak mayang kelapa yang masih utuh (belum mekar). “Sangat jarang bisa mendapatkan kelopak mayang kelapa yang seperti ini,” ucapnya. (ant)