City Portal of Pekanbaru


Ratusan Peserta Riau Internasional Youth Summit Sambangi Siak

konferensi-pemuda.jpg
(istimewa)

 

SEBANYAK 150 orang peserta Riau Internasional Youth Summit 2016 datang menyambangi Siak, Sabtu (10/12), untuk kunjungan wisata di Balai Datuk Empat Suku.

"Pada hari ini kita melakukan kunjungan ke sini agar pemuda-pemuda dunia melihat Riau, khususnya Siak, sebagai daerah wisata yang mampu mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal," kata Kepala Bidang Pemuda Dispora Provinsi Riau, Baikal.

Peserta Riau International Youth Summit 2016 adalah hasil dari konferensi pemuda dunia yang mengumpulkan 150 orang wirausaha muda. Sebanyak 50 orang di antaranya rekomendasi dari pemerintah Provinsi Riau, 50 peserta dari seluruh indonesia, dan 50 orang lainnya berasal dari luar negeri yang mewakili 23 negara.

"Kegiatan ini ditaja oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau bidang pemuda. Acara Riau Internasional Youth Summit sudah berlangsung sejak tiga hari lalu yang disandingkan dengan kegiatan Hari Anti Korupsi Internasional 2016 yang digelar di Riau," papar Baikal.

Dia melanjutkan, kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan, namun apresiasi dari peserta sudah luar biasa. Jumat (9/12) lalu uga telah diadakan konferensi dengan narasumber Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) Saut Situmorang, Deputi 1 Kemenpora Joni serta Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Dari diskusi yang bertemakan "Melahirkan Pemuda Dunia" ternyata menjadi bahan diskusi yang menarik bagi mereka.

Dikatakan Baikal, konferensi pemuda dunia diadakan untuk pengembangan kepemudaan. Dia berharap dengan adanya kegiatan itu ke depan akan lahir pemuda-pemuda kreatif dan pengusaha andal di Riau.

"Semoga kunjungan ini akan menjadi suatu cerita bagi mereka ketika telah sampai di negaranya masing-masing," kata dia. (ant)