City Portal of Pekanbaru

Sangat Menyentuh, Anak Tunarungu Ini Produksi Kerajinan Tangan Cantik

hasil-kerajinan.jpg
(antara)

KELOMPOK Tunarungu Karya Bersama yang bertempat di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru menghasilkan berbagai produk kerajinan yang mengagumkan dari bahan bekas.

Produk tersebut di antaranya tas dari pakaian bekas berbahan levis, tempat tisu dari koran, dan plastik menjadi aksesoris bunga. Semuanya dikerjakan oleh sekitar 20 orang tunarungu.

"Tunarungunya ada yang berusia 15, 18, dan 20 tahun. Ada juga yang masih sekolah. Setiap hari ada kumpul agak beberapa jam untuk membuat kreasi," kata pendamping Karya Bersama, Yesi, di Pekanbaru, Rabu (14/12).

Karya Bersama merupakan salah satu peserta pada Festival Industri Kreatif Riau 2016 yang akan digelar Sabtu, 17 Desember 2016, di pelataran parkir Bank Indonesia Perwakilan Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Yesi menyampaikan bahwa hasil produk para tunarungu tersebut sudah banyak yang terjual. Baik itu pada saat pameran maupun didatangi dan dipesan langsung oleh pembeli.

"Hasilnya lumayan busa untuk jajan tunarungu yang ada," sebutnya.

Karya Bersama merupakan kompok binaan masyarakat sekitar Jalan Arifin Achmad. Pendanaan operasionalnya juga hanya dari swadaya masyarakat setempat. (ant)