City Portal of Pekanbaru

Eksistensi Sepeda Ontel Kembali Menyeruak

Komunitas-Sepeda-Ontel.jpg

Jaman telah berubah, sepeda berganti kendaraan bermotor. Dan sepeda ontel pun tenggelam di makan kemajuan.

Meski begitu, bukan berarti sepeda ontel betul-betul hilang dari peradaban. Sebaliknya, eksistensi kereta angin ini kembali menyeruak. Terutama saat sejumlah orang kembali memasyarakatkan jenis sepeda ini.

Di Pekanbaru, para pecinta sepeda ini tergabung dalam sejumlah komunitas. Satu yang paling eksis adalah komunitas Lancang Kuning Sepeda Karatan (Laskar) Pekanbaru. Tak tanggung- tanggung, komunitas yang berdiri pada 18 April tahun 2008 itu memiliki anggota ratusan orang.

Anggota yang bergabung di komunitas ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anggota TNI, polri, rektor, dosen, guru, pengusah, karyawan swasta, hingga tukang siomay. Meski berasal dari berbagai latar belakang, saat berkumpul seluruh anggota ini terlihat kompak. Semua berbaur penuh dengan nuansa kekeluargaan.

Sebagai komunitas, Laskar Pekanbaru kerap menggelar aksi-aksi sosial kemasyarakatan dan lingkungan. Seperti menggelar kegiatan donor darah, penanaman pohon, peduli bencana, aksi
cabut paku di pohon serta gotong royong membersihkan rumah ibadah.

Setiap hari minggu pagi, anggota komunitas ini rutin berkumpul di area Care Free Day (CFD) Jalan Diponegoro Pekanbaru. Tidak hanya itu, komunitas ini juga kerap menggelar kegiatan berkunjung ke rumah anggota secara bergantian setiap pekannya.

Bila Anda tertarik bergabung di komunitas ini, syaratnya sederhana saja, cukup memiliki sepeda ontel tua. Sepeda ontel tua biasanya sepeda buatan tahun 80-an ke bawah.