City Portal of Pekanbaru

Film La La Land dan Moonlight Pimpin Nominasi Golden Globe Awards

film-la-la-land.jpg
(istimewa)

FILM musikal La La Land yang bercerita mengenai dua pemimpi yang jatuh cinta di Hollywood bersama film drama Moonlight memimpin nominasi ajang bergengsi Golden Globe Awards.

Dalam pengumuman nominasi, Senin (12/12) waktu Amerika Serikat, film La La Land mendapat tujuh nominasi. Termasuk kategori pemeran utama pria dan wanita terbaik atas nama Ryan Gosling dan Emma Stone. Sedangkan sutradara sekaligus penulis skenario Damien Chazelle menjadi nomine untuk sutradara terbaik dan skenario terbaik.

Sedangkan film Moonlight mendapatkan enam nominasi, termasuk Barry Jenkins pada penyutradaraan dan skenario. Kemudian Naomie Harris dan Mahershala Ali masing-masing masuk nominasi pemeran pendukung wanita dan pria terbaik.

Ada beberapa pesaing La La Land menjadi yang terbaik pada kategori film komedi/musikal, seperti film 20th Century Women, Deadpool; komedi Florence Foster Jenkins; dan Sing Street.

Sedangkan Moonlight dalam kategori film drama terbaik disaingi drama perang Hacksaw Ridge, film western Hell or High Water, film dongeng Lion dan "Manchester by the Sea.

Kritikus film Claudi Puig menyebut La La Land dan Moonlight memiliki elemen kunci yang sama. Keduanya adalah film yang sangat menyentuh emosi penontonnya.

"Kedua film juga mengisahkan soal cinta dan menemukan impian," kata dia seperti dikutip Reuters.

Film Manchester by the Sea mendapatkan lima nominasi, termasuk pemeran utama pria terbaik melalui Casey Affleck dan skenario serta sutradara terbaik untuk Kenneth Lonergan.

Yang istimewa, tahun ini dewan juri Golden Globe Awards memilih para aktor warna-warni, tidak melulu kulit putih sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Seperti Ruth Negga dalam film Loving, Ali dan Harris di film Moonlight, serta Dev Patel yang keturunan India lewat film Lion.

Sementara filmJackie yang mengisahkan janda presiden AS John F. Kennedy, mendapatkan nominasi dalam kategori film drama terbaik dan pemeran wanita utama terbaik atas nama Natalie Portman.

Juga masuk nominasi film drama terbaik adalah film arahan Martin Scorsese, Silence, lalu Fences yang juga mengantarkan Denzel Washington dan Viola Davis mendapatkan nominasi dalam kategori pemeran utama pria dan wanita terbaik.

Para pemenang Golden Globe Awards akan diumumkan 7 Januari 2017 nanti dengan pemandu acara Jimmy Fallon. (rtr/ant)