City Portal of Pekanbaru

Roque One Sukses Besar dan Melesat ke Puncak Box Office

roque-one.jpg
(ist)

SESUAI prediksi, film Rogue One: A Star Wars Story langsung melesat ke peringkat pertama box office dalam pemutaran perdananya, Desember ini.

Film prequel Star Wars itu disambut antusiastis oleh penggemar film, dengan meraup 155 juta dolar AS AS dalam pemutaran perdana di Amerika Serikat. Tercatat sebagai salah satu film peraih penghasilan terbesar dalam sejarah di awal pemutarannya.

Secara global film ini meraup pendapatan 290,5 juta dolar AS, setelah sukses di berbagai negara, terutama China dan Korea Selatan.

Disney, yang mengeluarkan dana 4 miliar dolar AS untuk membeli Star Wars dari penciptanya LucasFilm pada 2012, menyatakan film ini adalah yang pertama dari serial film Star Wars yang eksis di luar karakter utama film dari klan Skywalker.

Kali ini juga lebih bernuansa gelap dan bertema perang, namun tetap sangat menarik hati banyak audiens. Disney berencana membuat seri berikutnya dengan gaya Rogue One. Salah satunya tentang masa muda Han Solo, yang akan dibintangi Alden Ehrenreich.

Sejauh ini Rogue One tak tersaingi film apa pun yang rilis jelang pergantian tahun. Seperti film drama Collateral Beauty, yang dibintangi Will Smith, hanya mencetak 7 juta dolar AS pada debutnya. Padahal film ini berbiaya 36 juta dolar AS.

Film produksi Disney lainnya, Moana, berada di tempat kedua penghasilan terbesar dengan 11,7 juta dolar AS. Posisi tiga ditempati film garapan Paramount, Office Christmas Party, dengan meraup 8,4 juta dolar AS setelah dua pekan pemutaran.

Film Fantastic Beasts and Where to Find Them menyeruak ke tempat kelima dengan 5 juta dolar AS.

Calon kuat peraih Oscar, La La Land, menangguk 4 juta dolar AS setelah kini diputar di 200 bioskop, sehingga total kini mengoleksi pemasukan 5,3 juta dolar AS. Berikutnya adalah film Manchester by the Sea dengan 4,2 juta dolar AS.

Kendati sukses menguasai box office sampai akhir pekan lalu, Rogue One belum bisa menyamai film Star Wars: The Force Awakens yang pemutaran perdananya tahun lalu langsung menggebrak dengan 248 juta dolar AS. (rtr/ant/voai)