City Portal of Pekanbaru

Impian rekaman live session terwujud, Afgan tatap London

afgan.jpg
(ist)

SATU lagi impian penyanyi Afgansyah Reza terwujud, setelah ia merilis rekaman live session untuk album terbarunya SIDES.

Penyanyi berkacamata yang akrab disapa Afgan mengungkapkan, merekam lagu secara live merupakan impiannya sejak lama.

"Impian saya pengen punya album rekaman live. Dua bulan rilis album saya punya ide buat SIDES live session. Memang lebih sulit, lebih complicated)," kata Afgan, dalam temu media di Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (21/12).

Rekaman live session SIDES mengambil tempat di sebuah studio, di mana lagu-lagu dari album yang dirilis pada Agustus itu direkam secara audio dan visual.

Meski dapat diulang jika mengalami kesalahan, namun rekaman secara langsung tanpa editan menjadi tantangan tersendiri bagi Afgan. Terlebih, Afgan ingin memberikan sesuatu yang berbeda bagi yang sudah mendengar album aslinya" "Kita benar-benar harus improvisasi biar enggak sama seperti aslinya. Band saya juga mengaransemen musiknya. Untuk beberapa lagu saya lebih suka versi live-nya," kata dia.

Improvisasi musik juga dilakukan pada lagu garapan Erwin Gutawa dalam album SIDES. Lagu dengan iringan orkestra itu dibawakan Afgan dalam versi band pada album live session tersebut.

"Sempat ulang beberapa kali, ada yang enggak nyampe, ada yang enggak puas, makanya agak melelahkan. Lagu itu cukup demanding secara vokal," ujar dia.

SIDES Live Session secara eksklusif hadir di aplikasi streaming musik Yonder Music selama dua minggu dari tanggal 21 Desember 2016 sampai 4 Januari 2017.

Video dari SIDES Live Session juga akan tayang eksklusif di channel YouTube Yonder Music dari tanggal 5-12 Januari 2017.

Tatap London

Impian Afgan berikutnya, merekam album di London, Inggris, tahun depan.

Hal ini didukung oleh Trinity, label tempat Afgan bernaung. Marketing Director Trinity Optima Production Rizki Utami mengatakan, Afgan akan melakukan rekaman di London untuk album internasional.

"Album tersebut berisi lagu-lagu berbahasa Inggris semua, dan bekerja sama dengan pencipta lagu di sana," ujarnya.

Tak hanya berencana untuk rekaman di London, Afgan juga akan melakukan tur album SIDES tahun depan.

"Februari sampai Juni enam kota lagi," kata Rizki.

Sebelumnya Afgan telah melakukan tur album SIDES di lima kota di Indonesia yaitu Medan, Bandung, Balikpapan, Surabaya dan Makassar, serta menggelar tur luar negeri di Singapura, Malaysia dan Brunei.

"Paling seru di Singapura, dihadiri 1.500 orang. Saya benar-benar merasa euforia-nya masih terasa sampai sekarang," kata Afgan. (ant/sfa)