City Portal of Pekanbaru

Kaca Mayang bisa jadi pilihan merayakan malam pergantian tahun

meriah-tahun-baru.jpg
(ist)

WARGA Pekanbaru punya alternatif baru untuk merayakan malam pergantian tahun, yang tinggal beberapa hari lagi. Yakni ruang terbuka hijau Kaca Mayang, yang berlokasi tepat di jantung kota, di Jenderal Jalan Sudirman.

Kaca Mayang dulunya dikenal sebagai taman bermain, yang kemudian disulap menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Nah, pengerjaan ruang terbuka hijau Kaca Mayang sudah hampir selesai dan siap dibuka untuk umum akhir tahun ini.

“Pengerjaannya sudah 96 persen. Tinggal buka seng (penutup proyek pengerjaan RTH Kaca Mayang) saja,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno di Pekanbaru, Kamis (22/12).

“ Mungkin diluncurkan tahun ini. Kalau bisa tahun baru di situ," kata dia.

Agus menjamin ramainya pengunjung di Kaca Mayang tidak akan menggangu lalu lintas di Jl Jenderal Sudirman yang berada di depannya. Karena sudah dibuat jalan memotong ke Jalan Sumatera.

Kaca Mayang merupakan tahap pertama untuk memperbanyak ruang terbuka hijau di Kota Pekanbaru yang sejauh ini baru lima persen. Berdasarkan Undang-Undang nomor 26 tahun 2007, suatu kota harus memiliki 30 persen wilayah untuk ruang terbuka hijau.

Proyek pembenahan Kaca Mayang menjadi ruang terbuka hijau menelan anggaran Rp 6 miliar.

Selanjutnya hingga 2019 nantu, akan dibangun ruang terbuka hijau di sekiitar Jalan Sumatera, Jl Diponegoro, Jl Thamrin hingga Jl Petala Bumi.

"Sampai 2019 total luasnya ada 15 hektare. Ketika diharapkan ruang terbuka hijau Pekanbaru sudah 15 persen," tuturnya.

Untuk tahun depan, 2017, akan dibangun dua taman di sebelah Gedung Wanita, antara Jalan Sumatera dan Jalan Diponegoro. Anggaran dana kedua taman itu sekitar Rp15 miliar. Lalu di tengahnya ada embung air pengolahan limbah, yang akan diperbaiki dengan anggaran Rp 5 miliar.

"Nanti dibuat instalasi pengolahan limbah. Di embung dekat Gedung wanita akan dibikin air mancur warna warni," jelasnya

Masih dekat Gedung Wanita, akan didirikan taman balita. Sedangkan taman yang di sebelah Hotel Aryaduta adalah taman untuk anak usia SD hingga SMP, yang berdekatan dengan air mancur. (ant/sfa)