City Portal of Pekanbaru

Suka Quraish Shihab dan Gus Mus yang damai, Uus: kalo beda ya maap

komika-uus.jpg
(detik.com)

KOMEDIAN Uus sepertinya tak gentar dengan berbagai serangan netizen terhadap dirinya gara-gara cuitannya di Twitter yang menyudutkan Habib Rizieq Shihab, imam besar Front Pembela Islam (FPI).

Tak sekadar menulis cuitan, ia juga membalas pernyataan, sindiran, dan kecaman dari netizen kepada dirinya. Termasuk ketika netizen menyuarakan agar penanggung jawab program televisi yang mempekerjakan Uus untuk mendepak pria 26 tahun asal Bandung itu, karena dianggap menghina ulama.

Biasanya artis atau selebriti takut kehilangan pekerjaan. Tapi Uus santai saja. Ia mengaku sudah tak lagi menerima pekerjaan sebagai presenter, merujuk pada posisinya sebagai pembawa program Inbox di SCTV.

Dia juga menyatakan akan mengundurkan diri dari acara Opera Van Java (OVJ) di Trans 7. "Udah udah. Besok aku sudah ngga di Inbox. OVJ pun sepertinya demikian. Terima kasih ya semuanya," kicaunya di akun Twitter-nya, @Uus, Senin (23/1/2017).

"Hari ini fix banget pengangguran," tulis pria berkepala plontos itu. Ia memberikan emoji senyum untuk postingannya itu.

Semua itu bermula dari komentarnya akhir pekan lalu, Sabtu (21/1/2017), menyindir poster tentang Habib Rizieq.

Poster tersebut bertuliskan "Sehelai rambut Habib Rizieq jatuh, bukan berurusan dengan FPI, tapi dengan umat Islam".

Uus mengomentarinya dengan nada setengah bercanda, bahwa imam besar FPI itu sepertinya perlu shampoo baru agar rambutnya tak jatuh.

Netizen, terutama para pendukung Habib Rizieq, semakin marah setelah Uus mempertanyakan keulamaan Habib Rizieq. Berikutnya ia menulis bahwa ternyata ada Ulama yang gadung(an), bukan terminal bus saja yang (Pulo) Gadung.

Uus, yang seorang Muslim, kemudian dengan gaya bercanda menyebut dirinya sendiri sebagai Islam green tea, yang mengandung radikal bebas. Ia seakan menyindir kelompok yang disebut Islam radikal.

Dengan bebeberapa cuitannya itu, Uus dicap menghina ulama. Kecaman bertubi-tubi harus diterimanya. Banyak pula yang mengaku sedih karena candaan Uus kali ini sudah kelewat batas.

Lalu, sebagai seorang Muslim, seperti apa sosok ulama di mata Uus?

Uus menyebut dua ulama, yakni M Quraish Shihab (mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Gus Mus, panggilan akrab KH Mustofa Bisri, ulama panutan di kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

"Ulama ga cuma satu. Gue lebih dengerin Qurais Syihab dan Gus Mus. Lebih tenang dan damai. Kalo beda ya maap. Silahkan mendengki itu hak anda," tulis Uus dalam akun Twitter @Uus, Senin (23/1/2017).

Kicauan Uus ini langsung mendapat reaksi keras dari pengguna jagat maya. Uus dianggap telah menghina ulama lainnya.

"Jika pun kau punya ulama sendiri, tidak seharusnya kau menghina ulama yg tidak kau anut. Apakah kau diajari ulamammu seperti Itu?" komentar @just_mywin.

"Ulama memang bukan satu! Tapi apa pantes kamu menghina salah satu yang kami (muslim) anggap ulama?" tambah @putriejustalsih.

Kontroversial

Uus merupakan nama panggung dari Rizky Firdaus Wijaksana, kelahiran Bandung, 23 Desember 1990. Selain dikenal sebagai komika, ia juga seorang presenter, penyiar radio dan pernah menjajal dunia akting di beberapa film.

Pria berkepala plontos ini beberapa kali memicu kontroversi karena aktivitasnya di media sosial. Seperti cuitannya di akun media sosial Twitter karena menghina sejumlah artis K-Pop, hingga menjadi sorotan media Korea Selatan.

Selain itu Uus juga menuai hujatan gara-gara dianggap mengkritik perempuan berhijab yang terlalu fanatik akan K-Pop.

Tak hanya itu saja, Uus sempat menuding seorang fotografer Indonesia Arbain Rambey tidak menyebutkan kredit namanya dalam candaan yang diunggah Arbain ke media sosialnya. Tak ingin ada kesalahpahaman, Arbain pun menanggapi tulisan Uus.

Menurut Arbain, ia mendapat candaan tersebut dari akun Path dan tidak mengetahui pemilik asli candaan tersebut. Tak sedikit pengguna internet yang merisak Uus atas peristiwa tersebut, sebagian pengguna internet malah menganggap Uus sebagai pelawak yang hanya mencari sensasi.

Kini ia memicu kontroversi lebih besar lagi karena dinilai menghina Habib Rizieq, imam besar FPI, yang memiliki banyak pengikut fanatik.

Apakah kontroversi ini akan membuat karier Uus di dunia hiburan bakal tamat? (bnt/kpl/wkp/sfa)