City Portal of Pekanbaru


Cuci mata di Minggu pagi

Car-free-day-Pekanbaru.jpg
(ist)

INGIN menikmati udara segar bebas polusi pada pagi hari? Yuk datang ke area car free day (CFD) di sepanjang Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada Pekanbaru, setiap hari Minggu, mulai subuh hingga pukul 09.00.

Di kawasan bebas kendaraan bermotor ini, sebagian besar pengunjung melakukan aktivitas olahraga. Mulai dari jalan santai, jogging, senam, dan bersepeda.

Tidak sedikit juga pengunjung yang hanya sekadar cuci mata di kawasan ini. Magnet lain dari CFD adalah keberadaan belasan komunitas kreatif yang wara-wiri di arena car free day.

Setiap hari Minggu pagi, beragam komunitas berkumpul di kawasan car free day. Mereka menjadikan kawasan ini sebagai titik aksi. Di antara komunitas yang selalu meramaikan arena car free day adalah, komunitas sepeda tua "Onthel", komunitas pecinta binatang reptil "Reptic", komunitas Skateboard, komunitas fotografi , komunitas pemusik jalanan, dan banyak lainnya.

Lewat aksi komunitas ini, wajah kawasan CFD perlahan bertranformasi menjadi kawasan sosialiasi sekaligus sebagai ruang bereskpresi bagi warga Pekanbaru dan sejumlah komunitas kreatif.

Bukan hanya tempat berolahraga, CFD juga menjadi tempat warga memenuhi kebutuhan batinnya akan kesenian dan budaya. Berbagai ragam kreasi urban juga dihamparkan di jalanan menemani pengunjung lain yang datang untuk berolahraga.(*)