City Portal of Pekanbaru


Unik dengan Seni Decoupage

Tas-Decoupage.jpg
(istimewa)

KERAJINAN seni dengan teknik Decoupage ternyata sudah ada di Pekanbaru. Hasilnya bisa berupa tas dan dompet dari anyaman akan terlihat cantik serta botol kaca bisa jadi hiasan yang indah.

"Seni Decoupage adalah teknik seni menempelkan tisu atau kertas atau kain ke suatu media. Medianya bisa apa saja, mau dompet dari anyaman, botol gelas, kaca, kayu semuanya bisa dikreasikan menggunakan tisu," kata pengrajin seni De Coupage, Jackie Henriani, di Pekanbaru, Sabtu (3/12).

Jackie yang menamakan usahanya JackieHZ Craft ini adalah salah satu peserta pada Festival Industri Kreatif Riau 2016 pada 17 Desember nanti. Festival ini terselenggara atas kerjasama Kantor Berita Antara Biro Riau ini, Bank Indonesia Perwakilan Riau, Sinarmas Grup. Kegiatan berlokasi di Pelataran Parkir BI Perwakilan Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Decoupage merupakan teknik kerajinan menempel asal Perancis. Oleh karena itu bahannya juga spesial yakni tisunya dari Eropa yang ada bergambar, bukan tisu biasa untuk makan atau lainnya. Kemudian bahan pembuatannya lainnya juga dibeli baru, bukan dari barang bekas.

"Di kota besar ini lagi unik-uniknya, di Pekanbaru belum umum," tambahnya.

Dia mengatakan usahanya ini berawal dari hobi, namun kemudian banyak teman yang tertarik. Meski begitu dia masih membuat secara eksklusif, terbatas atau tidak banyak.

"Tergantung permintaan, kalau banyak saya buat," imbuhnya yang keseharian menjadi ibu rumah tangga ini

Dengan teknik itu, dompet pandan biasa yang tradisional bisa menjadi dompet bagus dan bisa dibawa ke pesta bagi ibu-ibu. Jika medianya botol, kaca, atau kayu akan bisa menjadi hiasan.

Untuk dompet dan tas serta pajangan dengan seni Decoupage ini dia menjual dengan harga mulai dari Rp180 ribu hingga Rp 300 ribu.

Dia hanya memasarkan lewat media sosial Facebook ataupun Instagram dengan nama JackieHZ Craft. Beralamat di Jalan Cemara, Gobah, Pekanbaru. (ant)