City Portal of Pekanbaru

Nikmati gurihnya keripik nenas dan peyek jangkrik

Oleh-oleh-khas-pekanbaru.jpg

Jika berkunjung ke Kota Pekanbaru, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Riau. Ada aneka ragam makanan dan souvenir yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga tersayang. Di Pekanbaru ada beberapa gerai yang khusus menyediakan makanan dan aneka souvenir khas Pekanbaru dan Riau.

Digerai-gerai ini dapat dengan mudah ditemukan ragam makanan dan souvenir yang tidak dijual di pasaran. Di antara gerai yang menjual oleh-oleh khas Riau adalah gerai Cik Puan yang berada di Jalan Sudirman Nomor 124, tepatnya di bawah flyover simpang Jalan Imam Munandar/Harapan Raya.

Di tempat ini, anda bisa membeli aneka ragam makanan dan cemilan seperti bolu kemojo, kue bangkit, kacang pukul, dodol kedondong, lempok durian, ikan salai, dodol cempedak, peyek ikan (lomek), keripik nenas, peyek jangkrik, keripik durian, amplang, keripik cabe paku, kue bawang ikan teri, wajik (durian, nenas, dan tapai), keripik udang Selatpanjang, pancake durian. Harga oleh-oleh makanan khas Riau ini cukup terjangkau. Mulai dari harga Rp 7 ribu hingga Rp 120 ribu.

Selain makanan, di tempat ini juga banyak dijajakan aneka souvenir. Seperti gantungan kunci, miniatur dan ragam souvenir lainnya. Selain souvenir juga ada baju kaos yang bertuliskan Pekanbaru atau Riau. Harga souvenir ini cukup terjangkau saku anda, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 75 ribu.

Tidak hanya di gerai Cik Puan, oleh-oleh khas Riau juga bisa didapatkan di Mega Rasa, Viz Cake yang semuanya berada di Jalan Sudirman Pekanbaru. Kemudian ada juga gerai oleh-oleh khas Riau Mimie yang terletak di Jalan Arifin Ahmad dan di Pasar Bawah Pekanbaru. Oleh-oleh khas Riau bisa juga didapatkan di Omiyage Store & Gallery yang terletak di Kompleks Setia Maharaja, Jalan Setia Maharaja Nomor 2, Tangkerang.

Oleh-oleh khas Pekanbaru yang juga banyak diminati bagi para pendatang dari luar Pekanbaru adalah pisang goreng kipas. Pisang yang dibentuk seperti kipas ini bisa didapatkan di Jalan Kuantan Raya Pekanbaru. Jika tidak ingin repot bisa membelinya per kemasan dengan isi mulai dari 30 buah hingga 100 buah. (*)