City Portal of Pekanbaru

Gelombang Bono memikat hati para peselancar kelas dunia

peselncar-gelombang-bono.jpg

Di sudut cakrawala, sungai yang awalnya berwarna coklat berubah warna menjadi putih layaknya pecahan ombak. Satu gelombang besar setinggi tiga meter melaju cepat ke arah hulu. Gelombang besar ini disusul gelombang lainnya.

Itulah Bono, gelombang besar yang menyapu Sungai Kampar, kawasan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Jika ingin menemui bono, peselancar harus bergerak ke hulu menuju Tanjung Sendok. Mengingat gelombang bono yang mencapai 40 kilometer, peselancar harus menggunakan kapal kecil bermesin.

Dalam perjalanannya menuju hulu, gelombang bono akan pecah akibat kelokan sungai, menghilang untuk sesaat dan mulai membesar lagi beberapa puluh meter setelahnya. Gelombang bono yang pecah akibat kelokan sungai juga akan memunculkan arus balik.Setelah mencapai Teluk Meranti, gelombang bono akan semakin mengecil.

Gelombang bono yang dimiliki oleh Sungai Kampar memiliki keunikan tersendiri. Fenomena serupa hanya terjadi dibeberapa tempat saja di dunia, antara lain di Sungai Qiantang, China dan Sungai Araguari Porocora di Brazil. Gelombang bono yang merambat ke arah hulu dapat membahayakan kapal yang melewatinya namun merupakan potensi bagi pariwisata selancar.

Artikel yang dilansir situs islesurfboardsblog.com, gelombang pasang Bono di kecamatan Teluk Meranti menjadi gelombang pasang terbaik Se- dunia. Dalam situs tersebut, gelombang Bono di sungai Kampar berada diatas kegananasan gelombang Sungai Qiantang, dan sungai Araguari Porocora.

Artikel dengan judul The Top D Tidal Bores For Surfing In The Word ini tentunya menjadi bukti pengakuan para surfing dunia, tentang kedahsyatan gelombang Bono yang berada di Sungai Kampar.

Lebih dari itu, gelombang Bono pun kini masuk dalam 10 besar potensi destinasi wisata di tingkat nasional. Hal itu dibuktikan dengan anugerah Cipta Pesona Award 2013 yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Gelombang Bono berada di peringkat 10 mengalahkan, 17 destinasi wisata nasional lainnya.

Anugerah itu juga tak terlepas dari kejelian pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam mengembangkan potensi wisata Bono. Beberapa tahun belakangan, pemeritah kabupaten ini rutin menggelar kegiatan Festival Bekudo Bono.

Dalam kegiatan itu, dilangsungkan lomba surfing dan berperahu di atas gelombang Bono. Pesertanya beragam. Ada yang datang dari luar negeri dan tak sedikit pula dari tanah air dan masyarakat tempatan. Lewat festival ini, nama Bono pun kini makin berkibar sebagai event wisata tanah air.


Untuk mencapai lokasi Bono Sungai Kampar, disarankan untuk menyewa mobil dari Pekanbaru. Menuju lokasi ini yang berjarak sekitar 140 Km dari Pekanbaru itu dapat dilakukan dengan 2 cara :

  • Jalur Darat

Pekanbaru - Pangkalan Kerinci - belok kiri di Simpang Bunut - masuk ke jalan poros Bono - Desa Teluk Meranti

  • Jalur Sungai

Kendaraan darat dari Pekanbaru - Pangkalan Kerinci - dari Jembatan Pangkalan Kerinci dilanjutkan dengan menggunakan speed boat ke Desa Teluk Meranti ataupun Desa Pulau Muda.