City Portal of Pekanbaru


Pedasnya cabai ternyata juga bisa untuk penahan rasa sakit

cabai-pedas.jpg
(ist)

DI BALIK rasa pedasnya, cabai banyak penggemarnya. Terutama mereka penyuka kuliner bercita rasa pedas. Tapi mungkin tak banyak tahu kalau cabai juga bisa digunakan untuk obat penahan rasa sakit atau pain killer.

Ahli gizi RSCM Jakarta, Kencana Claudia Debtarsie Kliranayungie mengatakan kandungan zat capsaicin yang tinggi pada cabai memiliki efek analgesik pada obat penahan rasa sakit (pain killer).

Selain itu, zat capsaicin pun bisa mencegah munculnya sel-sel kanker.

Sementara itu, dari segi nutrisi cabai kaya vitamin C yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Menurut ahli gizi Tirta Prawita Sari, cabai dapat membantu menurunkan berat badan karena metabolisme meningkat berkat kandungan vitamin C.

Namun, di sisi lain tumbuhan yang masuk ke Indonesia lewat pedagang Spanyol dan Portugis ini juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Cabai juga mengandung vitamin A serta kandungan mineral seperti potassium, zat besi dan magnesium, yang membantu tubuh mengatur tekanan darah, karena terkait dengan pembentukan sel darah dalam tubuh. (ant/sfa)