City Portal of Pekanbaru


Tidur siang sangat baik untuk pekerja kantoran, ini manfaatnya

tidur-sejenak-di-meja-kerja.jpg

Tidak hanya untuk anak-anak, tidur siang juga sangat penting untuk orang dewasa. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang dapat mempengaruhi aktivitas manusia sehari-hari. Berbagai perusahaan telah memiliki peraturan untuk memperbolehkan karyawannya tidur siang, bahkan ada juga yang memiliki ruangan khusus untuk tidur siang. sebagai contohnya yaitu Uber, Google, Zappos, Capital One Labs, Ben & Jerry's, dan PwC.

Manfaat tidur siang bagi kesehatan diantaranya:

Rasa lelah terkenal mengarah kepada peningkatan nafsu makan. Ketika sore hari mulai tiba, banyak pekerja yang memiliki keinginan untuk makan makanan manis (seperti coklat dan permen), soda, dan kopi agar mereka tetap terjaga, yang tentu saja dapat menyebabkan gula darah tidak stabil. Jika memiliki waktu sekitar 10-15 menit, cobalah untuk tidur siang secara singkat sebagai gantinya. Hal ini pada akhirnya dapat memulihkan konsentrasi dan semangat sambil menurunkan hormon stres.

Meningkatkan kebugaran

Tidur siang akan meningkatkan kebugaran tubuh. Sebuah studi dari Stanford University menemukan bahwa atlet yang mendapatkan banyak tidur siang lebih cepat berlari, daya tahan lebih lama, detak jantung yang lebih rendah, dan latihan yang lebih baik. Para peneliti juga mengatakan bahwa sebagian besar atlet tidak memiliki cukup tidur untuk dapat pulih dari latihan mereka. Hal tersebut dapat mengacaukan pikiran, suasana hati, dan waktu reaksi. Tidur siang dipercayai oleh para peneliti untuk dapat mengatasi masalah-masalah tersebut.

Baca juga : Ini Penyebab Kenapa Sebagian Orang Suka Menggoyangkan Kaki Saat Tidur

Meningkatkan performa kerja

Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa motorik, sehingga merasa lebih berenergi saat bekerja. Panjang tidur siang menentukan manfaat yang dapat dimiliki. Sebagai contohnya, tidur siang selama 20 menit sangat ideal untuk meningkatkan perhatian dan keterampilan motorik, sementara 60-90 menit tidur siang dapat menidurkan Rapid Eye Movement (RED), yang tentu saja dapat membantu membuat koneksi baru di otak dan membuat pemecahan masalah kreatif. Atur alarm supaya bisa terbangun tepat waktu, jika tidur siang terlalu lama, malah akan merasa pusing sesudahnya.

Mengurangi stres dan rasa tegang

Pekerja pasti sering merasakan stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu mengurangi dampak yang terkait dengan stres. seperti dilansir Hellosehat.com Sebuah studi pada tahun 2012 dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism meneliti efek stres terkait pada orang dewasa dari tidur siang selama 30 menit dalam dua hari. Para peneliti menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat menutupi kebutuhan tidur saat tidur selama 2 jam di malam hari. Selain itu, tidur siang juga dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh yang diakibatkan oleh kurang tidur malam.

Tidur siang dengan teratur dapat membantu menurunkan rasa tegang, sehingga berpengaruh untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Dapatkan seluruh manfaat kesehatan dengan melakukan tidur siang dengan benar. Pastikan untuk tetap berpegang pada jadwal tidur siang optimal, yaitu antara pukul 13.00-15.00. Jangka waktu tersebut optimal karena diperkirakan telah melakukan ativitas makan siang, sehingga gula darah dan energi mulai menurun. Melakukan tidur siang di ruangan gelap dapat membantu untuk tertidur lebih cepat.

Meningkatkan mood

Pekerja yang pernah menjalani malam-malam tanpa tidur pasti mengetahui bahwa mereka akan kesulitan untuk tertidur di malam hari berikutnya. Mengambil waktu tidur di siang hari dapat membantu menghilangkan keresahan akibat kurang tidur. Perlu diingat, tidur siang merupakan pilihan yang lebih bijaksana dibandingkan dengan menyeruput kopi, karena mengonsumsi kafein di sore atau malam hari akan menyebabkan dampak negatif pada tidur malam. Oleh karena itu, tidur siang merupakan cara alami untuk meningkatkan mood.

Meningkatkan daya ingat

Penelitian terbaru menemukan bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan memori. Pelajar yang melakukan tidur siang lebih banyak menyerap informasi dibandingkan dengan yang tidak. Bukan hanya itu, tidur siang juga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Sebuah tim neuropsikolog Jerman menemukan bahwa tidur siang setelah belajar dapat membantu meningkatkan daya ingat manusia sebanyak lima kali lipat dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti juga menambahkan bahwa kemampuan otak untuk mengingat akan meningkat jika berada dalam tidur yang tenang. Hal ini tentunya sangat baik untuk pekerja.

Hasil penelitian lain juga mengatakan bahwa sekelompok orang yang melakukan tidur siang mengalami perbaikan terhadap kewaspadaan, memori jangka pendek, suhu intra-aural dan denyut jantung. (hsc)