City Portal of Pekanbaru

Bagaimana menjaga berat badan kalau saya hobi makan?

Ilustrasi-turunkan-berat-badan.jpg
(ist)

APAKAH Anda pernah gagal dalam mencoba diet?

Terkadang rencana diet yang tidak realistik membuat semakin lapar dan berakhir pada makan yang berlebihan. Ternyata kita bisa tetap sering makan dan memiliki berat badan yang stabil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga berat badan, seperti:

1. Membuat rencana
Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang tentang makanan sehat, camilan yang diinginkan, rutinitas olahraga, motivasi, dan ide-ide lainnya. Juga bisa membuat strategi menjaga berat badan, misalnya dengan mengkombinasikan antara makanan favorit dan makanan sehat. Bisa gunakan aplikasi smartphone untuk terus memantau perkembangan berat badan dan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

2. Bergerak
Ketika memakan berbagai macam makanan tanpa disadari, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun bertambah. Biasakan tubuh agar terus bergerak. Banyaknya aktivitas fisik dapat membantu mengelola berat badan. Menurut Katherine Zeratsky ahli nutrisi Mayo Clinic, mengurangi kalori sebenarnya lebih efektif dibandingkan olahraga dalam proses penurunan berat badan. Meskipun begitu, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan 0,15 kg setiap minggunya. Jika menyukai olahraga, bisa menurunkan berat badan lebih cepat, tidak hanya menjaga berta badan.

Ketika ingin menurunkan berat badan, diet menjadi faktor utama dalam kesuksesannya. Namun ketika ingin mengatur berat badan, maka berolahraga adalah faktor yang penting, menurut Dr. Jacinda Nicklas, seorang dokter dan peneliti di University of Colorado Denver School of Medicine, yang dikutip oleh Livescience.dom. Kenapa olahraga sangat berpengaruh dalam menjaga berat badan? Alasannya adalah agar tubuh kita terhindar dari metabolisme yang melambat, sehingga terhindar dari naiknnya berat badan.

3. Tetap makan
Mencoba mengelola kalori yang masuk ke dalam tubuh, bukan berarti tidak memakan sesuatu atau merasa lapar. Jika memang hobi makan, makan saja, tetapi pilihlah makanan yang sehat dan rendah kalori. Jika mudah tergoda dengan pie, kue, keripik kentang, dan makanan berlemak lainnya, bisa memilih makanan yang hampir sama tetapi lebih sehat. Contohnya bisa mengganti es krim batang dengan pisang yang dibekukan, atau keripik sayur untuk menggantikan keripik kentang dalam kemasan.

4. Ganti menu dengan porsi yang sama
Tetap bisa memiliki porsi sepiring penuh, jika mengganti beberapa tipe makanan. Sebagai contohnya, bisa mencoba 50% porsi piring dengan buah dan sayur, 25% biji-bijian atau gandum (misalnya beras merah), dan 25% protein. Protein dapat membuat tubuh kenyang lebih lama.

5. Jangan melewatkan sarapan
Penelitian yang dikutip oleh Livescience.com menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung mengalami peningkatan berat badan dibanding dengan yang tidak melewatkannya. Menurut National Institutes of Health, hal ini terjadi karena orang cenderung merasa lapar pada siang hari. Ketika menahan lapar, hormon leptin pun dikeluarkan, sehingga memakan apa pun tanpa kendali, ditambah lagi ngemil tidak terkendali juga.

6. Jangan menahan makan makanan kesukaan
Biarpun sedang mengatur pola makan, bisa tetap memakan makanan kesukaan. Ketika ingin memakannya, bisa memakannya, tetapi seimbangkan dengan buah, sayur, biji-bijian, susu rendah lemak, dan air putih. Menurut Mary Ellen DiPaola, seorang ahli diet terdaftar di University of California, San Francisco Medical Center yang dikutip Livescience.com, menyeimbangkan asupan dengan makanan sehat dapat membuat merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar meski asupan kalori rendah.

7. Makan dengan sadar seutuhnya
Memang nikmat rasanya makan sambil menonton televisi, namun hal tersebut akan membuat ingin memakan lagi dan lagi. Ketika makan makanan yang tinggi kalori, usahakan memakannya dengan kesadaran penuh, merasakan setiap gigitan, sadar ketika menelan makanan tersebut, dan nikmati setiap rasa yang dihasilkan oleh makanan tersebut. (*)