City Portal of Pekanbaru

Mau awet muda seperti Ira Koesno? Begini kata ahli

koesno-ira.jpg
(ist)

JAKARTA - Lama tak terdengar kabar beritanya, Ira Koesno tiba-tiba saja tenar lagi. Ia mencuri perhatian di tengah debat panas calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang dipandunya Jumat pekan lalu.

Publik dibuat terheran-heran melihat sosok Ira Koesno, yang seperti tidak berubah dibanding ia masih menjadi presenter top jelang jatuhnya penguasa Orde Baru, Soeharto, pada 1998 lalu. Kini, 19 tahun kemudian, di usia 47 tahun, ia bahkan seperti tampak lebih muda dan bugar.

Apa rahasianya awet muda Ira Koesno?

Pengamat gaya hidup sekaligus kosultan nutrisi Jansen Ongko mengatakan gaya hidup sehatlah yang berperan dalam hal ini (regenerasi kulit), bukan produk anti penuaan.

"Orang berpikiran si A menggunakan obat-obat tertentu atau operasi. Padahal tidak. Untuk mendapatkan kulit yang lebih muda, bisa dilakukan dengan gaya hidup yang sehat," ujar dia dalam "Forum Ngobras" di Jakarta, Senin (16/1/2017).

Jansen merincikan bahwa gaya hidup sehat mencakup tiga kunci penting yakni pola makan yang sehat, olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup.

Pola makan sehat berarti mengkonsumsi kandungan-kandungan gizi esensial yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi.

"Bisa seseorang mengatakan pola makannya sudah sehat, tetapi mungkin kurang zat besi, kurang vitamin dan mineral tertentu yang sebenarnya krusial untuk regenerasi kulit. Makanya perlu dikonsultasikan dulu dengan ahli nutrisi, karena kebutuhan orang berbeda-beda," kata Jansen.

Kemudian, melakukan olahraga yang disesuaikan dengan kebutuhan. Titik beratnya bukan pada jenis olahraga tertentu, namun pada kontinuitas (dilakukan rutin).

Selain itu, istirahat yang cukup, secara kuantitas dan kualitas. Jansen memastikan, bila ketiga kunci gaya hidup sehat berhasil terlaksana, tubuh akan menjadi bugar dan regenerasi kulit semakin baik.

"Jadi orang-orang yang suka begadang, bekerja hingga tengah malam, kurang tidur merokok dan sering mengkonsumsi junk food, bisa dibilang mempercepat penuaan," kata Jansen, seperti dikutip dari antaranews. (sfa)