City Portal of Pekanbaru

Yamaha : lampu Hazard all new Yamaha R15 tidak boleh digunakan sembarangan

Lampu-Hazard-All-New-Yamaha-R15.jpg
(Foto : otospirit.com)

JAKARTA - All new Yamaha R15 dilengkapi dengan fitur hazard. Hal ini dikembangkan berdasarkan masukan dari berbagai pihak. YIMM membekali fitur lampu hazard untuk keadaan darurat.

Fitur ini sangat penting bagi pengendara ketika dalam kondisi darurat. Seperti diketahui UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta PP No. 44 Thn 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi berbunyi.

"Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan".

Artinya, lampu hazard pada sepedamotor tidak boleh digunakan saat riding atau sedang iring-iringan, kecuali kendaraan bermotor yang memiliki hak utama seperti tercatat pada undang-undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 59 ayat 5: a, b serta c.

Berbicara mengenai hal ini, M.Abidin, GM After Sales Division YIMM mengatakan bahwa seluruh fitur pada produk barunya tersebut sudah mendapat izin dari pemerintah.

"Sebelum meluncurkan motor kami terlebih dahulu meminta izin pada pemerintah. All new R15 telah lolos homologasi dari pihak pemerintah jadi dipastikan tidak menyalahi aturan pemerintah," jelas Abidin seperti dilansir mobil123.com.

Meskipun begitu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghimbau kepada pengguna all new Yamaha R15 untuk menggunakan fitur baru lampu hazard pada keadaan darurat dan dalam kondisi motor berhenti di sisi kiri jalan.

Dengan pemaparan di atas dapat disimpulkan, bijaklah menggunakan lampu hazard. Pastikan itu dalam keadaan darurat. (osc/mbc)