City Portal of Pekanbaru


Sriwijaya Air Digoda Ramainya Jamaah Umrah

Maskapai Sriwijaya Air berencana melakukan terobosan dengan membuka rute baru melayani penerbangan langsung Pekanbaru-Kolombo pergi pulang dalam waktu dekat.

“Awal Desember ini, kita akan terbangi rute internasional Pekanbaru-Kolombo pergi pulang dua kali dalam sepekan," ucap Distrik Manajer Sriwijaya Air Pekanbaru Darwis Monteski di Pekanbaru, Selasa (29/11).

Dia menuturkan, rute penerbangan internasional tersebut direalisasikan dengan target pasar terutama melayani jamaah umrah yang transit di Bandara Internasional Bandaranaike, Sri Lanka. Rencananya, Sriwijaya bakal mengoperasikan satu pesawat tipe Boeing 737-800NG berkapasitas 185 kursi penumpang.

Hingga kini, Sriwijaya Air masih menunggu untuk mendapatkan izin slot time atau waktu kedatangan dan keberangkatan dari dua bandara di dua negara terkait.

Darwis optimistis karena melihat grafik jamaah umrah di Riau terus meningkat. Kata dia, tentu mereka tidak cuma berasal dari Riau, tapi juga dari provinsi tetangga, seperti Sumatera Utara, Jambi dan Sumatera Barat.

Sementara Hasturman Yunus, Kepala Divisi Pelayanan dan Operasi Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, mengatakan pihaknya belum dapat informasi terkait dengan rencana Sriwijaya Air beroperasi lagi.

Tercatat, operator penerbangan itu kembali melayani rute Pekanbaru-Jakarta mulai 10 Oktober 2015, setelah menutup tiga rute dari dan tujuan Pekanbaru sekaligus pada 2014. Pada Oktober 2015, mereka menghentikan sementara rute terbang karena kebakaran hutan, setelah itu mengubah slot time pada akhir tahun tersebut dan hanya bertahan sebentar.

"Sampai saat ini, saya belum dapat informasi terkait rencana terbang tersebut," kata Hasturman. (ant)