City Portal of Pekanbaru

KSAU Tutup Latihan Tempur dengan Singapura

Latihan-Tempur.jpg
(Info TNI AU)

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna menutup latihan tempur antara TNI AU dan Angkatan Udara Singapura (Republic of Singapore Air Force) yang diselenggarakan di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kamis (1/12).

"Hari ini Kepala Staf Angkatan Udara dari Singapura juga bisa hadir, bersama-sama dengan saya untuk menutup latihan Elang Indopura ke 19 ini," kata Marsekal Agus, ang didampingi Chief of Air Force (KSAU) Singapura MG Melvyn Tan.

Latihan bersama yang digelar sejak 21 November lalu itu diharapkan dapat mempererat hubungan kedua negara bertetangga.

Dengan adanya latihan bersama tersebut, para prajurit yang mayoritas berusia muda akan saling mengenal satu sama lain. Suatu saat, kata Marsekal Agus, prajurit kedua negara yang terlibat dalam latihan ini akan menjadi pemimpin.

"Mereka akan jadi pemimpin, bisa saling mengerti. Jadi ketika ada masalah bisa langsung berkomunikasi. Pertemanan atau 'friendship' tersebut sangat penting," ujarnya.


Lebih jauh, dengan latihan bersama tersebut maka prajurit kedua negara akan saling meningkatkan kemampuan dalam menerbangkan pesawat F16.

TNI AU bersama Angkatan Udara Singapura menggelar latihan tempur dengan sandi Indopura XIX/2016. Latihan bersama tersebut melibatkan lima pesawat tempur F16 Fighting Falcon Block C/D dari Republic Of Singapore Air Force (RSAF) dan lima F16 Fighting Falcon Block A/B TNI AU dari Skadron Udara 16.

Sebanyak 300 personel dari kedua negara terlibat dalam latihan itu. (ant)