City Portal of Pekanbaru


12 Jam Listrik Padam Picu Amuk Warga

Demo-Kantor-PLN.jpg
(istimewa)

KEKESALAN warga Bukit Batu dan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, tampaknya sudah di ubun-ubun yang dipicu seringnya pemadaman listrik. Nyaris setiap hari. Mereka pun mendatangi kantor PLN dan sempak mengamuk, Jumat (2/12) malam.

Yudi, salah seorang warga Desa Pakning, mengatakan aejak interkoneksi dari Dumai, listrik di wilayahnya sering mati. Seperti kemarin, listrik padam sejak Jumat pagi sekitar pukul 08.00 WIB dan hingga malam, pukul 20.00 WIB, tak kunjung menyala.

"Jadi malam ini kami mendatangi Kantor PLN, namun tidak ada satu orangpun petugas kami temui," kata dia.

Kapolsek Bukit Batu Daud Sianturi yang tiba di lokasi kejadian langsung berusaha menenangkan ratusan warga yang memecahkan jendela kantor PLN yang berlokasi Jalan Jendral Sudirman, dekat pasar baru.

Kapolsek meminta warga tenang dan mohon pengertiannya. "Kita barusan sudah menghubungi pihak PLN mereka mengatakan sedang ada kerusakan yang sedang diperbaiki. PLN berjanji satu jam dari sekarang listrik akan kembali hidup," kata dia.

Meski begitu, massa tidak mau percaya begitu saja. Mereka tetap bertahan di halaman Kantor PLN sampai lampu benar-benar nyala.

"Kita tunggu satu jam lagi, kalau tidak hidup kita akan kembali mengamuk," teriak salah seorang di antara massa dalam suasan gelap gulita itu dan diamini lainnya.

Camat Siak Kecil Mulyadi, yang berdomisili di Desa Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu, mengatakan bahwa masyarakat Sungai Pakning sudah benar-benar geram dengan kondisi listrik yang padam di daerah itu.

"Pemadaman sudah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu sejak listrik dialirkan dari Dumai. Kebetulan hari ini padamnya cukup lama sehingga masyarakt bergerak kemari," ujar Mulyadi. (ant)