City Portal of Pekanbaru


Inilah 13 Polisi di Pesawat yang Jatuh di Perairan Lingga

pesawat.jpg
(istimewa)

PESAWAT milik Kepolisian RI dengan tipe M28 Sky Truck ini dinyatakan mengalami hilang kontak di wilayah perairan Kabupaten Lingga.

"Titik koordinat jatuhnya pesawat sesuai dengan data GPS pruno JP32 0"17,246N utara selatan, 104"50,261E barat timur," ujar Kepala bagian Penerangan Umum Polri Kombes Martinus Sitompul melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/12).

Martinus menjelaskan bahwa lokasi koordinat itu berada di antara Pulau Mensanak dengan Pulau Sebangka atau Pulau Gentar, perairan Kabupaten Lingga.

Lebih lanjut Martinus menjelaskan bahwa upaya yang saat ini sudah dilakukan adalah koordinasi dengan Basarnas Tanjung Pinang, dan melakukan evakuasi terhadap korban oleh Basarnas dan Ditpolair Polda Kepulauan Riau.

Pesawat yang berangkat dari Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung menuju Batam Provinsi Kepulauan Riau ini adalah dalam rangka giat rutin rotasi pergantian awak.

Manifes penumpang pesawat Kepolisian RI yang jatuh yakni:

1. Akp Budi Waluyo (Pilot)

2. Akp Eka Barokah (pilot)

3. Akp Tonce (pilot)

4. Brigadir Joko Sujarwo (mekanik)

5. Brigadir Mustofa (mekanik)

6. Akp Abdul Munir / penumpang

7. Akp Safran / penumpang

8. Bripka Erwin / penumpang

9. Briptu Rizal / penumpang

10. Bripda Eri / penumpang

11. Brigadir Suwarno / penumpang

12. Bripda Andi Z. / penumpang

13. Brigadir Joko Sungatno / penumpang.

Tim SAR capai lokasi

Polda Kepri menyatakan tim SAR gabungan sudah mencapai titip lokasi pesawat M-28 Sky Truck P 4201 Mabes Polri yang jatuh pada Sabtu siang dan menemukan sejumlah barang milik penumpang.

"Hingga saat ini yang ditemukan baru sebatas properti penumpang saja. Untuk korban penumpang dan kru belum ada yang ditemukan," kata Kabid Humas Polda Kepri AKBP S Erlangga di Batam, Sabtu sore.

Ia mengatakan, lokasi jatuh pesawat diperkirakan sekitar tiga mil dari daratan wilayah Kabupaten Lingga dengan kedalaman perairan sekitar 30-40 meter.

"Berbagai pihak sedang berupaya keras sesegera mungkin menemukan korban dari pesawat itu. Mohon doanya mudah-mudahan korban selamat," kata dia.

Dari Polda Kepri, kata dia, Kapolda Brigjen Pol Sam Budigusdian langsung memimpin proses pencarian terhadap penumpang dan kru pesawat berjumlah 15 orang tersebut. (ant)