City Portal of Pekanbaru

Polisi Sita 400 Kardus Minuman Keras

Minuman-Keras.jpg
(Antara)

SATU tronton pengangkut ratusan kardus minuman beralkohol diduga ilegal diamankan aparat Satuan Reserse Kriminal Polres Dumai di Jalan Raya Dumai-Sungai Pakning, Sabtu (3/12) dini hari.

Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting menyebutkan, pengangkutan minuman keras dengan truk warna putih dengan nomor polisi B 9179 KXS ini merugikan keuangan negara, karena tidak dilengkapi dokumen resmi.

"Truk dan ratusan kardus minuman alkohol ini sudah diamankan beserta tiga pelaku, yaitu dua sopir dan satu ekspedisi," kata Kapolres kepada pers, Sabtu.

Dikatakan, dua sopir yang diamankan yaitu inisial DK dan Da berasal dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Sedangkan truk milik ekspedisi JD dari Kota Pekanbaru.

Awalnya petugas dapat informasi ada kegiatan bongkar muat minuman beralkohol di Pelabuhan Sungai Selinsing, Kecamatan Medang Kampai. Saat diperiksa petugas, truk tronton warna putih itu ternyata memuat ratusan kardus minuman beralkohol tanpa dokumen resmi.

"Pelaku akan dikenai undang undang perlindungan konsumen dan peraturan perlakuan pajak pertambahan nilai atas penyerahan jasa kepelabuhan yang melakukan kegiatan angkutan laut luar negeri," kata Donald.

Polisi hingga kini masih melakukan penghitungan jumlah pasti minuman keras. Dari pengakuan sopir diperkirakan muatan berkisar 400 kardus minuman beralkohol berbagai merek.

Kedua sopir dan truk serta barang bukti kini sudah diamankan di Mapolres Kota Dumai untuk kepentingan proses penyelidikan lebih lanjut. (ant)