City Portal of Pekanbaru


Riedl Ingatkan Skuadnya Bahaya Teror Le Cong Vinh

Lee-Cong-Vinh.jpg
(istimewa)

PELATIH Timnas Indonesia, Alfred Riedl, menyoroti satu pemain Vietnam yang dianggap akan membahayakan Indonesia dalam pertandingan semifinal Piala AFF di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12) malam ini. Pemain itu adalah Le Cong Vinh.

Le adalah bomber Vietnam. Secara total, dia telah mengoleksi 15 gol dalam seluruh edisi Piala AFF yang pernah dia ikuti. Le hanya butuh tiga gol untuk menyamai rekor Noh Alam Shah dari Singapura yang menjadi pencetak gol terbanyak Piala AFF dengan 17 gol.

"Saya telah mengenalnya secara pribadi selama 13 tahun," kata Riedl sebagaimana dikutip Affsuzukicup.com. "Dia punya kepribadian bagus dan merupakan pemain yang hebat."

Riedl mengatakan dia telah mempersiapkan timnya untuk mengatasi bahaya yang bakal ditimbulkan Le. "Kami tahu pergerakannya. Memang sulit dihentikan, tapi kami telah menyiapkan diri," ujar pelatih asal Austria ini.

"Tapi dia tidak sendiri, pemain lain juga bagus."

Riedl memang pernah menangani Vietnam. Pelatih Vietnam yang sekarang merupakan mantan anak didiknya di tim nasional Vietnam. Riedl pun memuji kerja mantan anak buahnya itu. "Pelatih mereka, Nguyen Huu Thang, yang merupakan kapten di tim saya dulu, melakukan pekerjaan bagus di sana," ujarnya.

Menurut pria asal Austria itu, timnas Indonesia bakal sangat sulit melaju ke final. "Mereka mungkin sedikit lebih baik daripada kami, tapi mereka harus membuktikannya," katanya.

Vietnam memang lawan kuat di Piala AFF ini. Di babak grup, mereka mencetak rekor sempurna dengan memenangi tiga pertandingan yang dijalani. Dalam tiga pertandingan itu, Vietnam mencetak lima gol dan kebobolan dua. Mereka finis sebagai juara Grup B.

Dari 22 pertemuan antara Indonesia dan Vietnam sejak 1991, Indonesia menang delapan kali, kalah lima kali, dan seri sembilan kali. Pada pertemuan terakhir dalam laga persahabatan 8 November lalu, Indonesia kalah 3-2.

Seru dan ketat

Pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang, juga memperkirakan pertandingan Indonesia versus Vietnam akan berlangsung menarik. Berbekal dua pertemuan sebelumnya, para pemain sudah hafal karakter satu sama lain.

Huu Thang mewaspadai tiga pemain kunci Indonesia, yakni Boaz Solossa, Andik Vermansyah, dan Stefano Lilipaly. Menurut Huu Thang, ketiga pemain itu punya kemampuan di atas rata-rata.

Meski demikian, Huu Thang optimistis timnya masih bisa mengimbangi permainan menyerang Indonesia. Menurut dia, tim Vietnam sudah punya mental juara. Walhasil, mereka tak akan gentar melawan tim mana pun.

”Itulah yang membuat kami bisa melaju sampai sejauh ini di Piala AFF 2016,” kata Huu Thang.

Vietnam hanya akan kehilangan satu pemain dalam laga semifinal leg pertama, yakni Truong Dinh Luat, yang mendapat kartu merah dalam pertandingan sebelumnya. Adapun di kubu Indonesia, dua pemain bertahan, Yanto Basna dan Fachruddin, harus absen lantaran akumulasi kartu kuning dalam laga sebelumnya.

Pertandingan semifinal di Stadion Pakansari, Bogor, ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI pada pukul 19.00 WIB. (tmp)