City Portal of Pekanbaru

APBD Riau 2017 Akhirnya Disahkan Rp10,45 Triliun

pengesahan-apbd.jpg
(istimewa)

DPRD Riau dalam papat paripurna mengesahkan Rencangan Anggaran Pendapan dan Belanja Daerah Provinsi Riau Tahun 2017 sebesar Rp10,459 triliun menjadi peraturan daerah pada Kamis malam (5/12).

"Rancangan Peraturan Daerah APBD Riau tahun 2017 telah disetujui menjadi peraturan daerah, dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan antara DPRD dan Gubernur Riau," kata Ketua DPRD Riau, Septina Primawati saat memipin sidang paripurna.

Sebelumnya melalui juru bicara Badan Anggaran DPRD Riau, Syamsurizal menyampaikan struktur RAPBD. Awalnya dia menyampaikan target pendapatan yang disepakati sebesar Rp8.31 triliun yang diperoleh dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah.

Itu ditetapkan setelah pembahasan Banggar DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Riau. Terdapat kenaikan pendapatan daerah dari yang awalnya diajukan Pemprov Riau dari Rp8,19 menjadi Rp8.31 triliun atau naik sebesar 1,46 persen.

Sementara itu, terkait Belanja Daerah diteyapkan sebanyak Rp10,459 triliun. Angka ini mengalami perubahan dibanding sebelum pembahasan Banggar DPRD Riau dengan TAPD Riau yang awalnya diajukan sebesar Rp9,8 triliun. Belanja itu terdiri dari belanja langsung Rp5,11 triliun dan belanja tidak langsung sebesar Rp5,34 triliun.

"Dibandingkan dengan Anggaran Belanja Riau Tahun 2016 yang sebesar Rp10,36 triliun, ada kenaikan pada tahun 2017 sebesar 0,90 persen. Jumlah ini juga lebih besar dari yang diajukan Pemprov Riau yakni Rp9,82 triliun atau naik Rp629,37 miliar." lanjut Politisi Partai Amanat Nasional tersebut.

Selisih antara pendapatan dan belanja itu ditutupi oleh penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp2,14 triliun yang berasal dari sisa lebih anggaran tahun 2016 (silpa).

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada DPRD Riau yang telah memberikan perhatian besar terhadap RAPBD Riau 2017. Pemprov Riau, lanjutnya akan segera menyampaikan dokumen APBD Riau ini kepada Kementerian Dalam Negeri untuk dievaluasi.

"Kita berharap proses evaluasi dapat berjalan dengan lancar dan dapat selesai secepatnya. Mengingat keterbatasan waktu yang tersedia untuk melaksanakan program dan kegiatan pada Perubahan APBD Riau 2016," ujarnya. (ant)