City Portal of Pekanbaru


Bantu Korban Gempa, Jokowi Janjikan Rp 40 Juta untuk Satu Rumah

joko-widodo.jpg
(istimewa)


PRESIDEN Joko Widodo berjanji untuk segera membangun kembali tiga kabupaten terdampak bencana gempa bumi di Aceh, Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kabupaten Bireuen.

"Ini adalah cobaan Allah. Marilah kita hadapi dengan sabar, tabah, tawakal, dan Insya Allah kita carikan solusi," kata Presiden Jokowi setelah menunaikan salat Jumat di Masjid Besar Samalanga, Kecamatan Samalanga, Bireuen, Jumat (9/12).

Presiden berjanji bahwa pemerintah pusat akan secepatnya membangun kembali bangunan-bangunan yang rusak karena gempa sehingga masyarakat di wilayah itu bisa segera memulai lagi kehidupan normalnya.

"Pemerintah pusat berusaha secepatnya membangun kembali terutama fasilitas umum, masjid, pondok pesantren, sekolah dalam waktu secepatnya," kata Presiden.

Selain itu Jokowi menjanjikan stimulus bantuan untuk rumah-rumah yang rusak. "Tidak banyak, (tapi) semoga mendorong pembangunan kembali di tiga kabupaten, bisa kembali ke normal kembali," kata Jokowi.

Presiden mengunjungi wilayah gempa dengan didampingi Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Plt Gubernur Aceh Soedarmo
Presiden menyebutkan bantuan untuk korban meninggal sudah langsung diberikan semuanya. Demikian juga untuk yang masih dirawat di rumah sakit.

Menurut dia, korban yang di rumah sakit sudah tertangani semua. "Yang patah sudah dioperasi, di pen semuanya. Hari ini tadi dokter menyampaikan akan selesai semuanya," katanya.

"Kemudian ketiga yang berkaitan dengan kerusakan, baik gedung sekolah, ada pesantren, kantor, masjid itu yang nanti ditangani oleh Kementerian PUPR, kemudian yang sekolah ditangani oleh Kemendikbud. Saya minta langsung ini dikerjakan," katanya.

Menurut dia, untuk sekolah yang rusak berat selama proses pembangunan, untuk sementara disiapkan tenda untuk anak-anak.

"Saya kira pembagian dan organisasi lapangannya sudah baik lah," katanya.

Ia menyebutkan untuk pembangunan masjid, Kementerian PUPR masuk tapi tetap melibatkan masyarakat untuk bergotong royong.

Sebelumnya, saat meninjau rumah sakit lapangan di halaman Kantor Bupati Pidie Jaya, Jokowi berjanji pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan kembali rumah warga yang rusak berat akibat gempa sebesar Rp40 juta.

"Pemerintah pusat akan bantu, yang rusak berat dibantu Rp40 juta, yang rusak sedang ringan dibantu Rp20 juta," kata dia.

Ia menyebutkan kondisi rumah penduduk terdampak gempa itu saat ini sedang dalam proses verifikasi termasuk jumlahnya.

"Ada dua kategori nanti, yaitu yang rusak berat artinya sudah roboh total dan rusak sedang. Nanti baru dihitung jumlahnya berapa, akan ada keputusan bupati dan gubernur untuk menentukan jumlah," katanya.

Ia berharap bantuan itu segera dilaksanakan agar dapat dipakai untuk stimulan membangun kembali rumah yang rusak. (ant)