City Portal of Pekanbaru


Mengerikan, Setiap Hari 5 Orang di Riau Ditangkap karena Narkoba

ekspos-kasus-narkoba.jpg
(istimewa)

KASUS penyalagunaan narkoba makin mengkhawatirkan. Bayangkan, jika dirata-rata, setiap harinya lima orang di Riau terjerat kasus narkoba, baik sebagai penyalahguna maupun pengedar dan bandar.

Secara keseluruhan Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Riau mengungkap sebanyak 1.367 kasus narkoba selama Januari-November 2016.

"Jumlah perkara berhasil diungkap 1.367 perkara dengan total tersangka sebanyak 1.865 orang," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Kamis (8/12).

Guntur menjabarkan, barang bukti yang diamankan dari pengungkapan narkoba itu berupa ganja, sabu-sabu, pil ekstasi dan happy five yang nilainya ditaksir Rp31 miliar.

Selain itu, turut juga diamankan ribuan botol minuman keras ilegal dengan total nilai tangkapan lebih dari setengah miliar rupiah.

"Selama Januari-November, Jajaran Kepolisian di Riau menyita 219 kilogram daun ganja kering, 17,5 kilogram sabu, 1.556 pil ektasi dan 115 pil happy five," kata dia.

Untuk kasus ganja, pengungkapan terbanyak dilakukan oleh jajaran di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru.

Sementara kasus peredaran sabu-sabu dan ekstasi terbanyak diungkap di wilayah hukum Bengkalis, Kota Dumai, Kota Pekanbaru dan Kampar.

Hal itu menjadi evaluasi kepolisian mengingat wilayah Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru dianggap sebagai pintu masuk penyelundupan sabu-sabu dan ekstasi asal luar negeri ke Provinsi Riau. (ant)