City Portal of Pekanbaru

Pegawai Tangani Korban Gempa, Aktifitas Perkantoran Pidie Jaya Masih Lumpuh

evakuasi-korban.jpg
(istimewa)

HARI ketiga pascagempa, Jumat (9/12), aktifitas perkantoran di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, masih lumpuh, karena para pegawai negeri sipil masih fokus penanganan korban.

"Belum ada aktifitas kantoran, kita masih fokus penanganan korban gempa," kata Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan dan Komunikasi Informatika Kabupaten Pidie Jaya, M Nasir, kepada wartawan di Meueredu, Jumat.

Dia mengemukakan, semua instansi pemerintah maupun non pemerintah masih fokus pencarian para korban yang diduga masih tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.

"Data yang dihimpun tim evakuasi jumlah korban yang sudah teridentifikasi sekitar 99 orang, semantara jumlah korban luka berat dan ringan ribuan," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendager) Tjahjo Kumolo ketika meninjau lokasi musibah gempa bumi 6,5 skala Richter itu menyampaikan, semua pihak diharapkan fokus evakuasi terhadap korban gempa.

Terhitung sejak hari pertama musibah itu pada Rabu subuh, Kabupaten Pidie Jaya ditetapkan berstatus daerah tanggap darurat sampai 14 hari ke depan.

"Meskipun aktivitas kantor belum normal, yang penting pemerintah mengoptimalkan pelayanan kepada para korban," kata Mendagri ketika berkunjung ke Pidie Jaya yang turut didampingi Plt Gubernur Aceh Soedarmo, Kamis.

Ada pun jumlah korban jiwa saat ini tercatat 103 orang dan korban luka berat hingga ringan serkitar 8.000-an. (ant)