City Portal of Pekanbaru

Boaz Salossa Cs Cuma Latihan Ringan Lalu Libur

latihan-timnas.jpg
(istimewa)

SEPULANG dari Vietnam, Timnas Indonesia langsung menggelar di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang, Banten, Jumat (9/12). Akan tetapi sesi latihan Boaz Salossa Cs yang langsung dipimpin pelatih Alfred Riedl sebatas pemulihan atau recovery.

Pelatih asal Austria itu memang belum memberikan latihan berat, mengingat Boaz Cs harus bermain 120 menit saat menghadapi tuan rumah Vietnam pada pertandingan semifinal kedua Piala AFF 2016 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu lalu. Ketika itu Indonesia berhasil menahan Vietnam 2-2, sehingga lolos ke final dengan agregat 4-3.

Pada latihan perdana itu, Alfred Riedl membagi pemain menjadi dua kelompok. Yaitu pemain yang bermain penuh saat menahan imbang Vietnam 2-2 dan pemain pengganti yang tidak diturunkan pada pertandingan penentuan untuk lolos ke final Piala AFF tersebut.

Untuk pemain inti, setelah pemanasan hanya berlatih ringan. Bahkan tidak begitu banyak beraktivitas dengan bola. Sedangkan pemain pengganti tetap mendapatkan materi latihan, termasuk langsung memperagakan strategi pertandingan.

"Mereka baru saja melakukan pertandingan yang sulit. Kami tidak ingin membuat pemain bertambah lelah," kata Alfred Rield usai memimpin latihan.

Berdasarkan susunan pemain inti yang diturunkan saat menghadapi Vietnam, ada tiga pemain yang tidak tampil 120 menit. Yakni kapten Boaz Solossa yang digantikan Ferdinand Sinaga, Andik Vermansah digantikan Dedi Kusnandar, dan Stefano Lilipaly digantikan Zulham Zamrun.

Adapun pemain yang turun penuh adalah Kurnia Meiga (penjaga gawang), Abduh Lestaluhu, Hansamu Yama Pratama, Fachruddin Arianto, Beny Wahyudi, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, dan Rizky Pora. Mereka ini bermain habis-habisan di tengah tekanan kesebelasan tuan rumah dan hiruk-pikuk pendukungnya.

Rencananya, hari ini (Sabtu, 10/12), para pemain diberi waktu libur. Lalu Minggu (11/12) kembali berlatih guna bersiap diri menghadapi pertandingan final leg pertama melawan tim kuat Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12).

"Untuk saat ini kami belum bisa bicara tentang strategi. Kami harus video terlebih dahulu dan diskusi dengan pelatih lain," kata Riedl.

Indonesia dan Thailand sudah pernah bertemu di pertandingan penyisihan grup. Kala itu skuad Garuda kalah dengan skor 2-4. (ant)