City Portal of Pekanbaru


Para Pemuda Jaga Desa yang Kosong Ditinggal Pengungsi

mengungsi.jpg
(antara)

BELASAN ribu warga Kabupaten Pidie Jaya, terutama wanita, anak-anak, dan orang tua, kini tinggal di pengungsian. Sementara para pemudanya tinggal di desa untuk menjaga rumah-rumah yang kosong.

Salah seorang pengungsi, Hanafiah mengatakan ia dan warga lain tidak merasa takut meninggalkan rumah beserta isinya, karena untuk keamanan di desa diserahkan kepada anak muda.

"Untuk jaga rumah apalagi malam hari, ada anak muda yang ronda. Mereka ditugaskan menjaga rumah warga supaya aman saat ditinggal pergi untuk mengungsi," jelas Hanafiah saat ditemui di pengungsian, Jumat (9/12) malam.

Sedangkan yang tua-tua dan anak-anak tinggal di kamp pengungsian karena lebih merasa aman dari bahaya gempa susulan yang mengintai.

Koordinator pengungsi di Dayah Kleng, Darwis Daud menambahkan, warga sesekali juga pulang pada siang hari hanya untuk mandi. Mereka tidak berlama-lama di rumah karena kondisi kebanyakan rumah sudah tidak stabil lagi. Setelah itu, warga kembali lagi ke kamp pengungsian.

Ketika mengungsi, rumah dibiarkan begitu saja. Segala perabotan yang masih berharga tersimpan di dalam rumah. Hanya perhiasan berharga, pakaian, dan barang-barang yang tidak banyak memakan tempat yang dibawa ke pengungsian. (ant)