City Portal of Pekanbaru

PLTU Tenayan Siap Beroperasi Penuh Februari 2017

pltu.jpg
(riau.go.id)

SUDAH ditunggu-tunggu lama, satu unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan Raya akhirnya beroperasi. Satu unit mesin pembangkit itu akan membantu dua transmisi di Riau.

"Daya yang dihasilkan, kita salurkan pada dua tranmisi yang terhubung sekarang ini. Yakni ke arah Teluk Lembu, dan ke Pasir Putih," kata Manajer PLTU Tenayan Raya Sugiharto di Pekanbaru, Sabtu (10/12).

Ia merinci energi listrik dari Tenayan yang dialirkan ke Gardu Induk di Pasir Putih, Kecamatan Tandun, Kabupaten Kampar, sekitar 12 MW melaui jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

Sedangkan menuju ke Pembangkit Listrik Tenaga Diesel/Gas Teluk Lembu di Pekanbaru sekitar 98 MW dengan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

"Kini sudah tersambung, sejak awal Desember tahun ini. PLN dalam menyalurkan tergantung bebannya. Kebetulan beban di Pasir Putih masih 12 MW, sisanya masuk ke Teluk Lembu," kata dia.

Satu satu mesin kapasitas 1x110 Mega Watt (MW) dari total dua unit di PLTU Tenayan Raya telah beroperasi Minggu (27/11) dengan beban 110 MW.

Pengoperasian tersebut selama 72 jam atau tiga hari penuh demi memperoleh sertifikat layak operasi oeh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Kalau Teluk Lembu itu, sekitar 30 tower SUTET dari PLTU Tenayan. Sedangkan ke Pasir Putih karena jarak sekitar 30 kilometer, kita alirkan dengan 60 tower SUTT," terang Sugiharto.

"Insya Allah tidak ada gangguan, saat diremikan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini," ujarnya berharap.

Dwi Suryo Abdullah, Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau menyebut PLTU Tenayan Raya bakal beroperasi penuh pada Maret tahun 2017.

"Untuk pembangkit satu, sudah dapatkan sertifikat layak beroperasi. Sedangkan pembangkit unit dua, masih dalam tahapan uji coba hingga dapatkan sertifikat yang sama," terangnya.

PLTU Tenayan Raya berbahan bakar batubara memiliki dua unit mesin dengan masing-masing berkapasitas 1x110 MW. Sehingga total daya listrik yang dihasilkan sebesar maksimal 220 MW.

Mesin pembangkit listrik yang berlokasi di Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, tersebut telah masuk ke sistem interkoneksi Sumatera teganggan 150 kilo Volt.

"Kita targetkan uji coba dengan kedua pembangkit bisa beroperasi penuh pada Februari atau Maret 2017," tuturnya. (ant)