City Portal of Pekanbaru

Kapolri Takjub, Sebut Doa 1212 Inspirasi Kesejukan Indonesia

gasibu.jpg
(ist)

BERPIDATO di hadapan puluhan ribu umat Muslim yang menyemarakkan acara Doa Bersama 1212 dan Milad ke-26 Pesantren Daarut Tauhid di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Senin (12/12), Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengatakan Islam adalah agama yang memberikan rahmat untuk seluruh umat manusia.

"Islam adalah agama rahmatan lil alamin, memberikan rahmat bagi semua manusia, tidak membedakan suku agama dan ras. Islam bukan untuk orang Sunda, Jawa, Papua, tapi untuk semua umat manusia," kata Kapolri yang langsung disambut oleh gema takbir oleh hadirin.

Ia berharap seluruh umat Muslim yang taat kepada Allah SWT agar bisa betul-betul meyakini agama Islam sebagai rahmat untuk seluruh umat manusia.

"Walaupun kita hidup di antara perbedaan suku, ras dan agama, tapi kita harus menjunjung toleransi. Islam itu bukan untuk orang pribumi atau keturunan tertentu tapi Islam itu untuk seluruh umat manusia," kata dia.

Kapolri juga mengajak seluruh umat Muslim untuk menghormati Perayaan Hari Raya Umat Kristiani yakni Natal yang akan berlangsung dalam beberapa hari lagi.

"Sebentar lagi ada Natal dan Tahun Baru, saya titip pesan lakum dinukum waliyadin. Jadi silakan kita melaksanakan kegiatannya sesuai kepercayaan dan agama kita masing-masing. Kita jaga toleransi," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, ia mengaku takjub dengan pelaksanaan Doa Bersama 1212 dan Milad ke-26 Pesantren Daarut Tauhid pimpinan KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) yang berlangsung aman, lancar dan menyejukkan.

"Jadi membandingkan dengan doa bersama 212 (aksi damai di lapangan Monas, Jakarta), hari ini udaranya sejuk. Kalau kemarin di Jakarta udaranya panas kemudian hujan. Di sini sejuk acaranya sejuk. Saya berharap sebagi polisi, mudah-mudahan Indonesia bisa sejuk seperti Bandung," kata dia.

Selain itu, Kapolri juga membagikan hadiah umroh untuk 10 orang warga yang beruntung di acara Doa Bersama 1212 di Lapangan Gasibu Bandung.

Inspirasi kesejukan

Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil mengatakan, acara Doa Bersama 1212 dan Milad ke-26 Pesantren Daarut Tauhid diharapkan jadi inspirasi kesejukan bagi Jawa Barat dan Indonesia.

"Alhamdulillah cuaca hari ini sejuk, ini diharapkan menjadi inspirasi kesejukkan bagi Jawa Barat dan Indonesia," kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menuturkan kegiatan tersebut menjadi momentum untuk mengingatkan para pemimpin untuk bisa memimpin diri sendiri, taat pada aturaan, dan ibadah tidak melanggar hukum.

"Kita juga harus menjaga lisan berhati-hati karena dengan lisan bisa menggerakkan atau menghancurkan. Dengan lisan Bung Karno bisa memerdekakan bangsa Indonesia. Dan dengan lisan orang bisa menghalalkan yang haram serta sebaliknya," kata dia.

Selain itu, lanjut Kang Emil, seorang pemimpin juga harus menjaga lisan supaya tidak menyakiti yang mendengarnya karena pemimpin itu amanah bukan jabatan yang abadi.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kota Bandung itu memberikan hadiah umroh kepada enam orang warga beruntung yang hadir di acara itu. (ant)