City Portal of Pekanbaru


Manahati: Saatnya Menang atas Thailand dan Juara!

manahati-lestusen.jpg
(ist)

PEMAIN andalan Indonesia, Manahati Lestusen sudah tidak sabar menghadapi Thailand di final Piala AFF 2016. Kata Manahati, saatnya Indonesia menang atas tim dari Negeri Gajah Putih itu dan juara!

Timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah pada pertandingan final leg I, yang digelar Rabu (14/12) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa barat.

"Ini yang kita tunggu-tunggu. Saat ini semua pemain juga sudah siap. Sudah saatnya timnas menang lawan Thailand," kata Manahati Lestusen usai latihan di lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Banten, Senin (12/12).

Harapan pemain PS TNI ini bukan tanpa alasan. Thailand yang merupakan juara bertahan, diakui sebagai tim terkuat di Asia Tenggara saat ini. Namun, bukan berarti tidak bisa dikalahkan. “Dalam sepakbola segala kemungkinan bisa terjadi,” kata dia.

Sebelum bertemu di final, skuad Garuda sudah bertemu dengan Thailand di babak penyisihan di Grup A. Saat itu anak asuh Alfred Riedl harus menyerah dengan skor 2-4. Pelatih Thailand Kiatisuk Sinamuang ketika itu sempat berucap, meski Indonesia kalah, timnya bakal kembali bertemu dengan Boaz Salossa Cs di final.

Harapan Kiatisuk benar-benar terjadi. Indonesia melaju ke final setelah mengandaskan Vietnam di semifinal.

Manahati, yang melesakkan gol penentu ke gawang Vietnam dari titik putih penalti, bertekad tidak akan membuang kesempatan tampil di final. Ia akan bermain habis-habisa untuk membawa Indonesia sebagai juara Piala AFF untuk pertama kalinya.

"Target pribadi saya bisa bermain semaksimal mungkin. Apalagi saat ini kita sudah berada di partai puncak. Harus bisa dimaksimalkan," kata pemain berusia 22 tahun itu.

Manahati kemungkinan akan diturunkan sebagai bek tengah bersama dengan Fachruddin Aryanto dan Hansamu Yama Pratama. Sedangkan bek sayap bakal diisi Abduh Lestaluhu dan Beny Wahyudi.

Di depan lima pemain tersebut ada Rizky Pora, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly dan Andik Vermansah. Sementara di lini depan tetap mengandalkan sang kapten, Boaz Solossa. Untuk penjaga gawang, Alfred Riedl kemungkinan besar tetap memakai jasa Kurnia Meiga.


Tak boleh lengah


Usai latihan pelatih Alfred Riedl menegaskan, Indonesia tidak boleh takut dengan Thailand meski anak asuh dari Kiatisuk Senamuang itu saat ini menjadi tim terbaik di kawasan Asian Tenggara. Segala kemungkinan bisa terjadi di pertandingan final.

"Kami akui Thailand memang nomor satu di Asia Tenggara. Tapi kita harus tantang mereka pada pertandingan final. Intinya semua pemain sudah siap untuk menghadapi pertandingan nanti," kata pelatih asal Austria itu.

Alfred Riedl meminta semua pemain untuk fokus. Apalagi tim yang dihadapi memiliki pemain yang komplet yang pergerakannnya sering membahayakan gawang lawan. Ia meminta pemain juga waspada.

"Konsentrasi tinggi sangat penting untuk menghadapi Thailand. Makanya kita jangan lengah," kata Riedl. (ant)