City Portal of Pekanbaru


Sanger Ingatkan 107 Pejabat yang Nanti Tergusur Agar Tak Berkecil Hati

edwar-sanger.jpg
(ist)

PELAKSANA Tugas (Plt) Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger optimistis susunan jajaran Operasi Perangkat Daerah (OPD) baru selesai jelang pergantian tahun, sehingga selaras untuk pelaksanaan APBD 2017.

Saat ini Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Pekanbaru bersama wali kota terus menggodok OPD baru.

"APBD 2017 sudah disahkan, tinggal nanti sama-sama jalan dengan OPD dan perangkatnya Januari," kata Edwar Sanger di Pekanbaru, Minggu (11/12).

Edwar menjelaskan, Baperjakat yang diketuai Sekda M Noer juga lagi melakukan kajian terhadap bidang yang dilebur dan jabatan serta penempatannya. "Kami sedang lakukan pengkajian-pengkajian sesuai dengan azas menempatkan orang dengan kemampuan sesuai jabatannya," ungkapnya.

Karena harus ada aturan yang diikuti oleh kepala daerah dalam menetapkan siapa menduduki jabatan pada OPD.

Ia berjanji Desember akhir sudah melakukan pelantikan bagi sejumlah OPD baru. "Semua juga harus sesuai dengan ijin dari Gubernur Riau, Mendagri dan KSN," tegasnya.

"Jadi targetnya mulai Januari semua sudah sesuai OPD baru dan harus jalan," imbuhnya.

Edwar mengingatkan para pejabatnya agar siap apapun keputusan mengenai OPD baru. "Bagi kawan-kawan yang barang kali nanti tereliminir, itu karena aturan bukan karena saya," tegas Edwar Sanger, yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau.

Dia mencontohkan barangkali selama ini eselon III ada, setelah OPD baru bisa jadi tidak ada karena dilebur. Maka harus siap untuk penggantian jabatan. "Kalau penggantian jabatan juga tidak ada maka harus bersiap diturunkan eselonnya, apabila dia mau atau parkir dulu (tanpa jabatan)," katanya lagi.

Dia juga memastikan tidak ada jaminan bahwa pejabat yang kini sedang berkuasa bisa tetap dipertahankan pada posisi semula walau dalam OPD baru SKPD-nya tidak dilebur. "Saya akan lihat situasinya, aturannya apakah dikukuhkan atau dilantik, atau boleh digeser sesuai kemampuan jabatannya," ucapnya.

Batas waktu untuk penyusunan OPD itu sendiri dari pusat Desember 2016. Sehingga penyusunan dan pengesahan APBD 2017 sudah berdasarkan struktur organisasi baru.

Sebelumnya dilaporkan Pemko Pekanbaru akan merampingkan 107 jabatan. "Ini akan diberlakukan Pemko Pekanbaru awal Januari 2017," kata Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) Setda Pekanbaru Multachdi pekan lalu.

Multachdi menjelaskan perampingan jabatan sebesar 107 ini terjadi setelah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pekanbaru mengesahkan OPD baru bulan lalu.

Dia menerangkan, sebelum dilakukannya perampingan, ada sekitar 1.218 jabatan di lingkungan Pemko Pekanbaru. Namun terhitung Januari nanti diperkirakan ada 107 pejabat struktural yang bakal tidak mendapat jabatan alias nonjob.

"Sesuai OPD baru, jabatan struktural yang tersedia adalah 1.111 atau berkurang sekitar 107 jabatan dari yang sekarang sebanyak 1.218 posisi," ucapnya. (ant)