City Portal of Pekanbaru

Baru Tiga dari 11 Sektor yang Teraliri Gas Kota

gas-kota.jpg
(istimewa)

DARI 11 sektor yang direncanakan, hingga kini baru tiga teraliri gas kota proyek Kementerian Energi dan Sumber Daya di Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru.

"Jumlah pelanggan saat ini yang sudah gas (sudah dikonversi) lebih kurang 700 rumah tangga," kata Direktur PT Energi Madani Pekanbaru Heri Susanto di Pekanbaru, Senin (12/12).

Heri menjelaskan, jumlah yang teraliri ini masih sedikit dibandingkan target jaringan pipa yang sudah terpasang pada Kecamatan Limapuluh, yakni 3.713 rumah.

Selaku perusahaan daerah yang sudah dipercaya sebagai operator, saat ini PT Energi Madani Pekanbaru masih belum bisa maksimal untuk melayani dan melakukan proses pencatatan pemakaian gas kota bagi rumah tangga sesuai yang disosialisasikan.

"Pasalnya masih ada kendala terhadap pengaliran gas ke rumah warga," kata Heri.

Pihaknya selaku perusahaan yang telah bekerjasama dengan PT Pertagas Niaga sudah dipercaya untuk mencatat pemakaian meteran terhitung 1 Desember 2016.

"Kendalanya diproses 'gas in' terhadap jaringan yang telah terpasang," kata Heri lagi.

Menurut Heri, meski demikian pihaknya sudah mula melakukan pencatatan pemakaian atas meteran gas kota di Limapuluh.

Proyek gas kota diluncurkan di Kecamatan Limapuluh Pekanbaru pada 13 Oktober lalu. Penggunaan gas kota ini masih gratis hingga 1 Desember.

PT Pertagas Niaga selaku pemenang tender pembangunan jaringan gas kota di Kota Pekanbaru, pada bulan Juli 2016 telah selesai membangun sebanyak 3.713 sambungan pipa gas di Kecamatan Limapuluh.

Pembangunan jaringan pipa gas kota dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 dengan nilai Rp70 miliar. (ant)