City Portal of Pekanbaru


Sabet Gelar Pemain Terbaik Dunia, Ronaldo: Ini Tahun Terbaik Karier Saya

ronaldo-terbaik.jpg
(istimewa)

BINTANG Real Madrid dan juga Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menutup tahun ini secara menakjubkan, dengan merebut penghargaan Ballon d'Or yang keempatnya sebagai pesepakbola terbaik dunia, Senin (12/12) malam.

Penghargaan itu akan jatuh ke tangan Ronaldo sudah diprediksi banyak pihak, mengingat sukses besar Ronaldo tahun ini membawa klubnya, Real Madrid, menyabet gelar ke-11 di ajang Liga Champions dan memimpin Portugal untuk pertama kalinya menjuarai Piala Eropa.

Ronaldo meraih penghargaan dengan mengungguli dua pesaing utamanya, Lionel Messi dan Antoine Griezmann.

Bagi penyerang berusia 31 tahun itu, ini adalah kali keempat dia meraih penghargaan Ballon d'Or setelah tahun 2008, 2013, dan 2014. Khusus untuk tahun 2013 dan 2014, Ronaldo meraihnya saat penghargaan itu masih bernama FIFA Ballon d'Or.

Ronaldo kini hanya berselisih satu dengan lima penghargaan serupa yang diraih bintang Barcelona asal Argentina, Lionel Messi, yang tahun ini menempati urutan kedua.

"Bagi saya adalah kehormatan yang luar biasa bisa menerima bola emas keempat saya. Perasaannyaa seperti saat meraih bola emas yang pertama, seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Saya tak pernah membayangkan bisa menang empat kali. Saya bahagia sekali," kata Ronaldo.

"Ini kemungkinan besar tahun terbaik dalam karier saya secara keseluruhan, bersama dengan Real Madrid dan Portugal. Real Madrid selalu menjadi juara, sedangkan Portugal tidak pernah menjuarai turnamen besar, oleh karena itu gelar ini (Piala Eropa 2016) adalah istimewa. Saya tidak mengurangi hormat kepada Liga Champions, namun gelar itu satu tingkat di atas itu," paparnya.

Mulai tahun ini, penghargaan Ballon d'Or tak lagi jadi satu dengan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA setelah majalah France Football mengakhiri kerja samanya dengan FIFA. Peraih Ballon d'Or ditentukan lewat voting yang hanya diikuti oleh para jurnalis dan tak melibatkan para kapten maupun pelatih timnas.

Total 173 wartawan memberikan suara untuk Ballon d'Or tahun ini. Pilihan pertama mendapatkan lima poin, kedua tiga poin, sementara ketiga satu poin.

Dalam voting tersebut, Ronaldo mendapatkan poin tertinggi dengan 745 poin. Dia mengungguli Lionel Messi yang mendapatkan 319 poin, Griezmann yang punya 198 poin, serta Luis Suarez yang mendapat 91 poin. Neymar berada di posisi kelima dengan 68 poin.

Dari 30 pemain yang jadi kandidat peraih Ballon d'Or 2016, sebelas di antaranya tak mendapatkan suara sama sekali. (ant/dtc)