City Portal of Pekanbaru


Gubernur Andi Rachman Minta Siswa SMK Tidak Cengeng

andi-rachman.jpg
(istimewa)

GUBERNUR Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman mengingatkan para siswa sekolah menengah kejuruan agar tidak cengeng dalam menghadapi tantangan hidup, apalagi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA, karena persaingan semakin berat.

"Jangan cengeng, harus kerja keras," kta pria yang akrab disapa Andi Rachman itu saat memberikan sambutan pada pembukaan Gebyar SMKN 2 Pekanbaru, Selasa (13/12).

Andi Rachman mendorong semangat para pelajar agar terus berprestasi dan berkarya. Jangan kalah sama orang lain. "Belajarlah baik-baik, praktek dengan baik jangan malu-malu. Yang malu itu kalau meminta-minta," kata dia.

Menurut Andi, kondisi Riau dengan penduduknya terus bertambah, banyak yang datang mencari pekerjaan, sehingga persaingan lebih ketat.

"Makanya kita harus siap-siap. Guru juga diminta mengubah pola pengajaran cara-cara lama," tegasnya.

Menurut Andi Rachman, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu ujung tombak guna mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas di Riau. “Kita harus siap menghadapi tantangan ke depan yakni Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," ucapnya.

Dia mengemukakan, para siswa SMK disiapkan untuk bisa langsung bekerja begitu selesai menempuh pendidikan. Karena sudah dibekali keterampilan tertentu sesuai minat masing-masing. “ Syukur-syukur bisa mandiri punya usaha dan membuka lapangan kerja sendiri,” ucapnya.

"Kalau tidak, anak-anak ini tidak bisa bersaing dengan tenaga kerja di negara-negara kawasan Asean," ucapnya.

Sementara, Kepala SMKN 2 Suratno mengatakan sekolah yang ia pimpin terpilih menjadi nominator SMK rujukan di Riau. "Artinya kita jadi pusat dan pelatihan untuk tingkat SMK di provinsi," kata dia.

Dia mengungkapkan, untuk menjadi SMK rujukan, harus memiliki kreatifitas lebih.Itu dibuktikan dengan berbagai karya. (ant)