City Portal of Pekanbaru


Dukung Skuad Garuda Juara, Suporter Serbu Stadion Sejak Pagi

stadion-pakansari.jpg
(istimewa)

LUAR biasa semangat para pendukung Timnas Indonesia ini. Pagi-pagi, sekitar pukul 06.30 WIB, puluhan supoter skuad Grauda sudah berada di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, untuk memberikan dukungan kepada Boaz Salossa Cs pada laga final Piala AFF 2016 .

Padahal, kick off pertandingan Indonesia kontra Thailand sendiri pada pukul 19.00 WIB.

"Kami ke sini untuk dukung Tim Garuda, yakin mereka pasti berjuang yang terbaik untuk negara," kata Wini Yunita (20), pendukung asal Cibubur, di Stadion Pakansari Cibinong, Rabu (14/12).

Karyawan salah satu perusahaan elektronik di Bogor itu beserta satu kawannya, Halida (22) , yang meski tidak terlalu suka sepakbola, segera meluncur ke Stadion Pakansari setelah pulang kerja sehabis shift malam hingga pagi.

Menurut dia, kedatangan pendukung bukan semata karena sepakbola tapi karena nasionalisme yang harus ditunjukkan masyarakat Indonesia.

Sekitar pukul 06.30 WIB Yunita dan Halida bergegas mendatangi pintu utama stadion kebanggaan warga Bogor tersebut untuk menunggu tiket yang sudah dibelikan temannya.

Dia mengaku tidak kuat berdesakan membeli tiket pada Selasa (13/12) di Komando Distrik Militer (Kodim) 0621, Cibinong. Sehingga lebih memilih memesan tiket pada teman yang berhasil mengakses tempat penjualan dan datang pagi hari untuk mengambilnya.

Sementara itu, mobil liputan media massa dan puluhan aparat TNI sudah berjaga memantau suasana pendukung setia Timnas Indonesia, yang sudah memakai pernak-pernik khas tim Garuda.

Patroli Kepolisian Resor Bogor terus mengitari area stadion hingga ke jalan akses Pemda Bogor. Ditambah Satuan Polisi Pamong Praja Bogor yang juga berkeliling memantau ketertiban masyarakat dan para pedagang.

Dibuka lebih awal

Sementara itu, Stadion Pakansari akan dibuka lebih awal. "Setelah Ashar, sekitar pukul 15.30 WIB, Stadion Pakansari akan dibuka bagi suporter untuk mencegah antrean dan pembludakan penonton yang masuk," kata Kapolres Bogor Kabupaten AKBP Andi Mohammad Dicky.


Menurut Dicky, belajar dari pengalaman partai semifinal leg I kontra Vietnam, 4 Desember 2016 lalu, penumpukan penonton terjadi saat akan masuk ke dalam stadion. Akibatnya terjadi penumpukan yang luar biasa, dan beberapa penonton menggunakan kembali tiket yang tidak sempat disobek oleh panitia.

Dia menyebutkan, untuk pertandingan final hari ini, tiket penonton akan discan oleh mesin pemindai, lalu akan disobek. Sehingga tidak bisa digunakan kembali oleh penonton lainnya.

"Sebelum masuk, tiket akan discan, lalu disobek. Jadi tidak diduplikasikan lagi," katanya.

Menjelang laga pertandingan Indonesia melawan Thailand pada final leg I AFF 2016, Dicky berharap para penonton menunjukkan kembali sikap sportifitas dan tertib sama seperti laga semifinal lalu.

"Tunjukkan kita sebagai tuan rumah yang baik. Kita tunjukkan pendukung sepak bola Indonesia juga baik, tidak ada pakai laser, tidak gunakan flare, tidak ada kerusuhan, karena kalau terjadi yang dirugikan tim nasional kita," kata Dicky.

Pada final AFF 2016 ini, Kepolisian Resor Bogor mengerahkan 4.500 personel pengamanan gabungan dari berbagai kesatuan seperti jajaran Polres Bogor, TNI, Brimob Polda, Mabes Polri, Satpol PP, ibantu pemadam kebakaran, BPBD dan Dinas Kesehatan. (ant)