City Portal of Pekanbaru


Tangkap Truk Kayu Ilegal, Polisi Kampar Dihadang Puluhan Orang

penangkapan.jpg
(istimewa)

PULUHAN orang tak dikenal menghadang aparat Polres Kampar saat akan mengamankan sebuah truk yang mengangkut kayu hasil pembalakan liar.

Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo mengemukakan, peristiwa tersebut terjadi di wilayah Kampar Kiri Hilir pada akhir pekan lalu.

Meski sempat dihadang, petugas berhasil mengamankan satu dari dua truk, yang sebelumnya terindikasi membawa kayu hasil pembalakan liar.

"Kami masih memeriksa intensif sopir truk tersebut, termasuk mencari tahu informasi pelaku penghadangan," kata Guntur.

Dia menuturkan peristiwa penghadangan tersebut berawal saat anggota Polsek Kampar Kiri yang melakukan patroli rutin melihat dua truk bermuatan kayu.

Dua truk tersebut terpantau petugas saat sedang mengisi bahan bakar minyak di SPBU. Berawal dari kecurigaan tersebut, petugas kemudian berusaha melakukan pemeriksaan. Hasilnya, diketahui bahwa truk itu mengangkut kayu diduga hasil pembalakan liar.

Selanjutnya petugas langsung menggiring dua truk dan dua sopir ke markas Polsek Kampar Kiri.

Saat dalam perjalanan, tiba-tiba sejumlah orang tak dikenal melakukan penghadangan dan langsung mengambil paksa satu dari dua truk tersebut.

Polisi sejauh ini sudah menetapkan seorang tersangka berinisial Ks (35), sopir, dan menyita satu truk bermuatan 37 kayu setengah jadi. Polisi masih terus menelusuri peristiwa tersebut.

Sebelumnya penghadangan orang tak dikenal terkait pengungkapan kayu hasil pembalakan liar juga terjadi di Kuantan Singingi pada awal November silam. (ant)