City Portal of Pekanbaru


Sundulan Hansamu Bungkam Thailand 2-1

hansamu-yama-pranata.jpg
(istimewa)

 

TIMNAS Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Thailand di leg I Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12) malam setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Penyerang sekalgius kapten Tim Nasional Thailand, Teerasil Dangda, mencetak gol pada menit 33 untuk membawa timnya unggul 1-0.

Gol itu berawal dari sebuah keleluasaan yang dimiliki bek kiri Theerathon Bunmathan di sisi kanan pertahanan Indonesia, untuk melepaskan umpan nan tajam dan terarah menuju Dangda

Meski berdiri diapit duet bek Indonesia, Hansamu Yama Pranata dan Fachruddin, namun sepertinya tak satupun dari kedua pemain bertahan itu merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga Dangda, yang akhirnya dengan mudah membelokkan bola ke sudut kiri gawang Kurnia Meiga.

Ini merupakan gol keempat Teerasil Dangda ke gawang Kurnia Meiga di Piala AFF 2016. Sebelumnya ia mencetak tiga gol (hattrick) saat Thailand menang 4-2 atas Indonesia di babak penyisihan grup.

 

Rapuhnya sisi kanan Indonesia, tak lepas dari keluarnya Andik Vermansah pada menit 19 digantikan Zulham Zamrun. Andik meminta uuntuk diganti akibat cedera yang dialaminya sejak menit 11.

Statistik pertandingan memang memperlihatkan Indonesia memiliki 53 persen penguasaan bola. Namun Thailand lebih jeli dalam membangun serangan, meski penyelesaian mereka harus dipertanyakan lantaran hanya sekali menemui sasaran dari lima kali percobaan yang dilepaskan.

Hilangnya Andik dari lapangan, praktis membuat upaya serangan Indonesia lebih banyak diinisiasi dari sisi kiri mengandalkan Rizky Pora.

Memasuki babak kedua Indonesia malah kian kepayahan mengantisipasi serangan-serangan Thailand.

Gawang Indonesia sudah terancam pada menit ke-47. Pokklaw A-Nan berhasil melewati Abduh Lestaluhu. Namun, upayanya masih bisa dihentikan Kurnia Meiga.

Gawang Indonesia kembali mendapatkan serangan. Kali ini Dangda mencoba mencetak gol lagi. Namun, Kurnia Meiga berhasil membloknya.

Upaya Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya berhasil. Rizky Pora menggiring bola menuju area penalti gawang Thailand. Sepakannya dari luar kotak penalti membentur punggung Tristan Do hingga berbelok ke arah gawang. Kedudukan imbang 1-1.

Gol kedua untuk Indonesia. Namun, ternyata offside.

Indonesia kemudian mendapatkan kesempatan tendangan sudut yang disambut oleh Hansamu Yama dengan tandukannya pada menit ke-71. Bagi Hansamu itu menjadi gol keduanya untuk timnas pada turnamen ini. Indonesia berbalik unggul 2-1.

Memasuki menit-menit terakhir, Indonesia kembali tertekan.

Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menambah gol lagi pada menit ke-89. Berawal dari Ferdinan Sinaga, Lerby mencoba untuk menembak gawang Thailand. Namun upaya Lerby masih mendapatkan blok kiper Thailand Thamsatchanan.

Tak ada tambahan gol hingga wasit meniup peluit panjang. Indonesia unggul 2-1 di akhir pertandingan.

Leg kedua final AFF Suzuki Cup 2016 dijadwalkan Sabtu (17/12) mendatang di Stadion Rajamangala, Bangkok. (ant/dtc)