City Portal of Pekanbaru

Gol Fabregas Antar Chelsea Raih Kemenangan ke-10 secara Beruntun

cesc-fabregas.jpg
(ist)

CHELSEA meraih kemenangan ke-10 secara beruntun setelah menundukkan tuan rumah Sunderland, 1-0, Kamis (15/12) dini hari WIB. The Blues pun mantap menguasai puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Satu-satunya gol di dalam pertandingan diStadion of Light, Sunderland, itu dicetak oleh pemain asal Spanyol, Cesc Fabregas.

Gol tersebut dicetak Fabregas di menit ke-40. Ia memecahkan kebuntuan dengan menyelesaikan sebuah umpan segitiga bersama Willian dengan sepakan keras yang menaklukkan penjaga gawang Jordan Pickford dan menyarangkan bola ke sudut kanan gawang.

Tim besutan Antonio Conte itu menguasai penuh jalannya pertandingan dengan memiliki 66 persen penguasaan bola. Sayangnya dari 19 kali percobaan tembakan yang mereka lepaskan, dengan enam di antaranya tepat sasaran, tak satupun berhasil berbuah gol tambahan bagi Diego Costa Cs.

Shot on target pertama Chelsea baru datang pada menit ke-39 lewat tendangan bebas David Luiz. Akan tetapi, kiper Jordan Pickford berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola tembakan Luiz.

Pada menit berikutnya, Chelsea membuka skor. Fabregas menjebol gawang Sunderland lewat tembakan mendatarnya setelah sebelumnya bermain umpan satu-dua dengan Willian.

Willian punya kans menambah keunggulan Chelsea di injury time babak pertama. Tapi, tendangan bebasnya tak mengarah ke sasaran.

Serbuan Sunderland pada menit ke-47 membahayakan gawang Chelsea. Januzaj yang bekerja sama dengan Jermain Defoe menembak dari dalam kotak penalti, tapi upayanya dimentahkan Thibaut Courtois.

Willian nyaris membawa Chelsea unggul 2-0 pada menit ke-52, tapi sepakannya hanya menghantam mistar. Tembakan jarak jauh Victor Moses pada menit yang sama masih bisa diantisipasi oleh Pickford. Tak berselang lama, Pickford juga menepis bola hasil sepakan Diego Costa.

Percobaan Moses pada menit ke-61 juga belum membuahkan gol kedua untuk Chelsea. Tembakan kaki kirinya masih sedikit melenceng.

Berselang sembilan menit, N'Golo Kante menusuk ke kotak penalti Sunderland dan melepaskan tembakan. Namun, Pickford dengan mudah mengamankan si kulit bundar.

Sunderland nyaris menyamakan kedudukan di menit-menit akhir injury time. Patrick van Aanholt melepaskan tembakan voli dengan kaki kirinya, tapi Courtois berhasil menyelamatkan gawang Chelsea dengan terbang menepis bola.

Kemenangan ini makin mengokohkan posisi Chelsea di puncak klasemen sementara. Mereka sekarang mengoleksi 40 poin dari 16 laga, unggul enam poin atas Liverpool dan Arsenal.
Sedangkan Sunderland masih terbenam di dasar klasemen dengan 11 poin. (ant/dtc)

Susunan pemain:

Sunderland (5-4-1): Jordan Pickford (PG); Billy Jones (Donald Love), Lamine Kone, Papy Djilobodji, John O'Shea, Patrick van Aanholt; Fabio Borini (Wahbi Khazri), Jan Kirchoff (Sebastian Larsson), Jason Denayer, Adnan Januzaj; Jermain Defoe
Pelatih: David Moyes

Chelsea (3-4-3): Thibaut Courtois (PG); Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, David Luiz; Victor Moses (Branislav Ivanovic), N'Golo Kante, Cesc Fabregas, Marcos Alonso; Willian (Nathaniel Chalobah), Diego Costa, Pedro Rodriguez (Nemanja Matic)
Pelatih: Antonio Conte