City Portal of Pekanbaru


Menang Lagi, Liverpool Bungkam Middlesbrough 3-0

liverpool.jpg
(ist)

SETELAH dua pertandingan tertahan, Liverpool akhirnya kembali ke jalur kemenangan usai mengalahkan Middlesbrough 3-0. Adam Lallana menjadi bintang dengan memborong dua gol.

Pada laga pekan ke-16 yang dihelat di Riverside Stadium, Kamis (15/12) dinihari WIB, Liverpool unggul segala-galanya atas tuan rumah dengan 66 persen ball possesion serta membuat 9 attempts, yang empat di antaranya on goal.

Dua gol Lallana dicetak di masing-masing babak yang dilengkapi oleh gol Divock Origi. Tiga poin ini pun menyudahi rentetan dua laga tanpa kemenangan 'Si Merah' usai dikalahkan Bournemouth dan diimbangi West Ham United.

Liverpool kini duduk di posisi kedua klasemen dengan 34 poin, unggul selisih gol atas Arsenal, dan berjarak enam poin dari Chelsea di puncak. Middlesbrough sendiri ada di urutan ke-17 dengan 15 poin.

Tandukan Lallana

Liverpool memulai pertandingan dengan tempo sedang yang membuat Middlesbrough mampu menekan mereka. Tapi lini pertahanan tim tamu masih bisa membendungnya.

Relatif selama 20 menit lebih pertandingan tak ada peluang berbahaya yang didapat kedua tim. Kebuntuan akhirnya pecah ketika waktu menujukkan menit ke-30.

Adalah Liverpool yang membuka skor lewat tandukan Lallana meneruskan crossing Nathaniel Clyne dari sisi kanan. Ini adalah gol kelima Lallana di Premier League musim ini.

Setelah gol tersebut, Liverpool malah ditekanan oleh Boro yang memaksimalkan kecepatan Adama Traore di sisi kanan. Pada menit ke-39 Traore melakukan akselerasi di sisi kanan melewati dua pemain Liverpool.

Bola umpannya berakhir di kaki Adam Forshaw yang melepaskan sepakan ke sudut sempit tapi bisa ditepis Mignolet.

Dua menit jelang bubaran babak pertama, Liverpool nyaris mendapat gol lagi ketika kerjasama Origi dan Mane berhasil membongkar pertahanan Boro.

Mane yang mendapat bola berlari mendekati kotak penalti dan melepaskan tembakan tapi menerpa tiang gawang. Bola rebound disambar Origi yang hanya menyasar sisi gawang.

Babak pertama berakhir untuk keunggulan Liverpool 1-0. Masuk di babak kedua, Liverpool masih dominan atas Boro yang kesulitan menciptakan peluang.

Dua menit setelah restart Mane melakukan solo run dari sisi kiri tapi sepakannhya ke tiang dekat bisa diamankan Victor Valdes.

Sejam pertandingan berjalan, Liverpool menggandakan skor lewat Origi. Mane mengoper bola kepada Wijnaldum yang langsung memindahkan ke jalur Lallana di sisi kanan. Umpan tarik disodorkan kepada Origi yang dengan sempurna menyonteknya ke gawang Boro.

Di menit ke-68 Lallana kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Liverpool menjauhkan keunggulan jadi 3-0. Umpan tarik Origi dari sisi kanan disambut sepakan kaki kiri Lallana di muka gawang.

Tak ada lagi gol tercipta sehingga laga berakhir dengan kemenangan 3-0 untuk tim tamu. (dtc/ant)

Susunan Pemain

Middlesbrough: Valdes, Barragan, Chambers, Gibson, Fabio, Forshaw, Clayton (Leadbritter 56'), De Roon, Traore, Negredo (Rhodes 77'), Fischer (Downing 56').

Liverpool: Mignolet, Clyne, Lovren, Klavan, Milner, Wijnaldum (Ejaria 87'), Henderson, Lallana (Lucas 82'), Mane, Origi (Arnold 91'), Firmino.