City Portal of Pekanbaru


Panen Pohon Setinggi 30 Meter, Petani Tewas Tertimpa Buah Sawit

ilustrasi-tewas.jpg
(ist)

NIAT hati memanen kelapa sawitnya di kebun dekat rumahnya, seorang warga Desa Bukit Kerikil Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, malah tewas tertimpa tandan buah sawit.

Kejadiannya tragis itu pada Rabu (14/12) pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Irwan Nuari, 29 tahun, tewas setelah tertimpa buah sawit yang mengenai kepala bagian atas.

“Pohon sawit yang dipanen Irwan Nuari ini berukuran mencapai 30 meter," kata Paur Humas Polres Bengkalis Ipda Zulkifli dalam keterangannya di Bengkalis, Kamis (15/12).

Dia menceritakan, awalnya Irwan melakukan aktivitas panen dengan menggunakan engrek. Akan tetapi, satu pohon sawit di kebun miliknya itu tidak dapat dijangkau karena tingginya sudah mencapai hampir 30 meter.

Tak menyerah, Irwan menaiki tunggul kayu yang berdekatan dengan pohon sawit untuk menjangkau tandan buah sawit yang hendak dipanen. Tapi sayang, Irwan tertimpa tandan buah sawit yang beratnya mencapai belasan kilogram dan jatuh dari tunggul. Ia pun meregang nyawa.

"Saat itu juga istrinya datang dari rumah untuk melihat suaminya yang sedang memanen sawit. Tapi yang didapatinya Irwan Nuari yang sudah tergeletak di tanah dalam kondisi tidak sadarkan diri. Ia langsung meminta pertolongan," tutur Ipda Zulkifli.

Irwan sempat dibawa ke Puskesdes Bukit Kerikil guna pertolongan medis. Saat di puskesdes korban sudah tidak tertolong. Ia akhirnya meninggal dunia.

"Saat dilakukan pemeriksaan, ditemukan bekas benjolan dan memar di kepala sebelah kanan kepala korban yang diakibatkan tertimpa tandan buah sawit. “Tidak ditemukan bekas luka lainnya,” kata dia.

“Irwan langsung ditangani pihak keluarga untuk dikebumikan,” imbuhnya. (ant)