City Portal of Pekanbaru

Zlatan-Pogba Cetak Gol, MU Menang Beruntun Pertama Kalinya sejak Agustus

zlatan.jpg
(goal)

KLUB elite Inggris, Manchester United meraih kemenangan 2-1 atas tuan rumah Crystal Palace di pekan ke-16 Liga Primer Inggris, Kamis (15/12) dini hari WIB.

Kemenangan itu menjadi buah kontribusi Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic, yang masing-masing mencetak satu gol untuk MU. Sedangkan satu-satunya gol tuan rumah disarangkan oleh James McArthur.

Ini menjadi kemenangan kedua secara beruntun yang dibukukan MU di Liga Primer setelah sebelumnya menang atas Tottenham Hotspur. Dicatat oleh BBC, ini adalah kali pertama MU menang beruntun di Premier League sejak bulan Agustus.

Tambahan tiga poin dari laga ini masih belum mengubah posisi MU di klasemen. Pasukan Jose Mourinho itu masih menempati peringkat enam dengan 27 poin dari 16 pertandingan. Sementara Palace turun ke urutan 16 dengan 15 poin.

Tanpa Mkhitaryan

Dalam pertandingan di Selhurst Park, dini hari tadi (WIB), MU tampil tanpa Henrikh Mkhitaryan yang cedera dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur. Meski tempo permainan lambat, MU mendominasi jalannya laga di menit-menit awal.

Kendati tampil dominan, MU tak banyak menciptakan peluang bersih. Peluang terbaik untuk MU baru tercipta di menit ke-37.

Paul Pogba mengirim umpan kepada Wayne Rooney dengan mengangkat bola melewati barisan pertahanan Palace. Rooney meneruskannya dengan tembakan ke arah pojok kanan atas gawang, tapi peluang tersebut digagalkan oleh Wayne Hennessey.

Hennessey kembali melakukan penyelamatan lima menit kemudian. Dia menepis tendangan Pogba dari dalam kotak penalti.

Peluang tersebut diawali dengan umpan lambung yang dilepaskan oleh Michael Carrick. Pogba yang ada di dalam kotak penalti kemudian menyambutnya dengan tendangan first time ke arah gawang. Namun Hennessey sigap menepis bola.

MU akhirnya membuka keunggulan di penghujung babak pertama. Sebuah tendangan bebas yang mengarah ke kotak penalti dibelokkan oleh Zlatan Ibrahimovic dengan dadanya ke arah Pogba. Tanpa kesulitan, Pogba kemudian menceploskan bola ke dalam gawang dari jarak dekat.

Di awal babak kedua, Palace mencoba untuk langsung menggebrak. Joe Ledley yang baru masuk menggantikan Mathieu Flamini mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun sepakan Ledley itu masih belum tepat sasaran.

MU dibuat cemas dengan kondisi Eric Bailly. Setelah beberapa kali tampak kesakitan di babak pertama, Bailly --yang baru kembali jadi starter di Premier League setelah pulih dari cedera-- akhirnya ditarik keluar dengan terpincang-pincang di menit ke-52 dan digantikan oleh Matteo Darmian.

Palace nyaris mencetak gol balasan di menit ke-63. James McArthur melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok atas gawang. Tapi David De Gea melakukan penyelamatan brilian untuk menghalau bola.

Tiga menit kemudian, McArthur benar-benar membawa Palace menyamakan kedudukan. Dia menaklukkan De Gea dari jarak dekat setelah menerima umpan terobosan dari Delaney.

Gol ini berawal dari pergerakan Martin Kelly yang melakukan tusukan dari sisi kiri. Dia kemudian mengoper bola kepada Delaney yang ada di depan kotak penalti MU, yang langsung membelokkan bola dengan tumit menjadi umpan terobosan kepada McArthur. Peluang tersebut lantas dituntaskan McArthur dengan sempurna untuk mengubah skor menjadi 1-1.

MU langsung bereaksi. Hanya berselang dua menit, MU nyaris kembali memimpin lewat aksi Rooney. Tapi tendangannya dari pinggir kotak penalti masih digagalkan oleh Hennessey.

MU sempat mencetak gol di menit ke-70 lewat Juan Mata yang meneruskan bola dari Marcos Rojo. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena menilai Mata sudah dalam posisi offside.

Hennessey kembali menggagalkan peluang MU di menit ke-78. Kali ini dia menepis sepakan Jesse Lingard yang meneruskan bola operan dari Ibrahimovic di dalam kotak penalti Palace.

Ibrahimovic akhirnya mengembalikan keunggulan MU dimenit ke-88. Pogba melepaskan umpan terobosan yang dituntaskan dengan tenang oleh Ibrahimovic lewat sepakan dari sisi kiri kotak penalti Palace.

Empat menit tambahan waktu diberikan oleh wasit di penghujung babak kedua. Tapi Palace tak mampu mencetak gol balasan di waktu yang tersisa. Skor 2-1 untuk MU bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. (ant/dtc)

Susunan pemain:

Crystal Palace (4-2-3-1): Wayne Heneessey (PG); Joel Ward, Scott Dann, Damien Delaney, Martin Kelly; James McArthur (Frazier Campbell), Mathieu Flamini (Joe Ledley); Lee Chung-yong (Ezekiel Fryers), Yohan Cabaye, Wilfried Zaha; Christian Benteke
Pelatih: Alan Pardew

Manchester United (4-3-3): David de Gea (PG); Eric Baily (Matteo Darmian), Phil Jones, Marcos Rojo, Daley Blind; Ander Herrera, Michael Carrick, Paul Pogba; Juan Mata (Jesse Lingard), Zlatan Ibrahimovic, Wayne Rooney (Marcus Rashford)
Pelatih: Jose Mourinho