City Portal of Pekanbaru

Pemulihan Kondisi, Skuad Garuda Latihan Ringan di Hotel

Mendarat-di-bangkok.jpg
(pssi)

MESKI lelah karena baru tiba di Bangkok, Thailand, Kamis (15/12) sore, Boaz Salossa dan kawan tetap menjalani latihan ringan di Hotel Grand Four Wings, tempat mereka menginap. Latihan berlangsung singkat.

Latihan berdurasi sekitar 15 menit yang dipimpin langsung asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, ini adalah untuk melakukan pemulihan setelah pemain menjalani pertandingan final pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12) yang berjalan dengan ketat.

Kemudian Rabu siang menempuh perjalanan udara selama beberapa jam dari Jakarta menuju Bangkok.

"Recovery harus dilakukan meski durasinya tidak lama. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi fisik pemain termasuk menghilangkan asam laktat setelah bermain tadi malam," kata Pikal.

Pria yang setia menjadi pendampingi Alfred Riedl sejak menangani timnas pada 2010 ini mengemukakan proses pemulihan bisa dilakukan dengan banyak hal, mulai senam hingga renang. Tidak hanya itu, pemijatan juga menjadi rutinitas setelah bertanding.

"Untuk hari ini recovery saja, untuk besok akan ada evaluasi dan mempelajari video calon lawan. Baru sore hari kita akan mencoba lapangan," kata Pikal.

Meski baru saja menjalani pertandingan ketat dan melelahkan serta harus terbang selama hampir empat jam, Boaz Solossa sudah terlihat segar. Bahkan, selama perjalanan dari Jakarta menuju Bangkok diisi dengan perbincangan ringan dan canda.

Andik Vermansah yang mengalami cedera dan dipastikan absen pada laga pamungkas ini pun terlihat lebih ceria dibandingkan usai pertandingan final pertama. Pemain tim Selangor FA Malaysia itu bahkan tidak seperti orang yang mengalami cedera.

"Kalau duduk memang enggak terasa, tapi kalau berdiri baru terasa," kata Andik saat ditanya manajer timnas, Iwan Budiyanto.

Mantan pemain Persebaya itu cedera saat final pertama di Stadion Pakansari. Absennya Andik menjadi masalah karena dia adalah motor permainan timnas bersama Boaz Solosaa, Stefano Lilipaly dan Rizky Pora.

Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand di leg II final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Sabtu (17/12). Indonesia hanya butuh imbang untuk keluar sebagai juara, setelah di leg I menang dengan skor 2-1. (ant)