City Portal of Pekanbaru


25 Bus Baru yang akan Tiba Dioperasikan Tahun Depan

trans-metro.jpg
(ist)

SEBANYAK 25 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan RI akan tiba di Pekanbaru dalam pekan ini.

Bus-bus dengan ukuran tiga perempat tersebut nantinya akan melayani koridor dan rute yang tidak bisa dilalui oleh bus-bus besar.

"Kami sudah mendapat kabar bantuan bus hibah ukuran tiga perempat akan segera tiba di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru, Arifin Harahap, seperti dikutip dari Antara, Minggu (18/12).

Dia menjelaskan, hibah bus ini diberikan untuk seluruh kota se- Indonesia, salah satunya Pekanbaru, guna mengembangkan sistem transportasi daerah. "Itu hibah langsung dari Kementerian Perhubungan," terang dia.

Menurut Arifin, awalnya Pemko Pekanbaru mengajukan permintaan 50 unit bus. Akan tetapi yang disetujui hanya setengahnya.

Arifin menjelaskan, 25 unit bus tiga perempat tersebut akan diperuntukkan guna melayani koridor dan rute yang tidak bisa dilalui oleh bus-bus besar selama ini.

"Masih ada wilayah dan koridor yang tidak bisa dilalui selama ini nanti akan kami tempatkan 25 unit bus tiga perempat," tegasnya tanpa merinci wilayah dimaksud.

Rencananya, pengoperasian 25 unit bus hibah ini akan dilakukan 2017 setelah anggaran berjalan. "Karena untuk operasional bus butuh biaya, sopir, perawatan dan sebagainya," ucapnya. (sfa)