City Portal of Pekanbaru

Menang Besar di Derby Catalan, Barca Dekati Madrid

uruguay.jpg
(sky sports)

BARCELONA memangkas jarak dari Real Madrid di puncak klasemen La Liga Spanyol, setelah menang besar dalam derby Catalan, dengan menundukkan Espanyol 4-1 di Camp Nou, Senin (19/12) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini Barcelona kembali naik ke posisi dua klasemen, mereka mengoleksi 34 poin hasil 10 menang, empat seri dan kalah dua kali.

Barca masih tertinggal tiga poin dari Real Madrid, yang tidak bertanding di Liga Spanyol pekan ini karena tengah berkompetisi di Piala Dunia Antarklub.

Empat gol Blaugrana - julukan Barcelona - pada laga ini dibukukan Luis Suarez (2 gol), Jordi Alba, dan Lionel Messi. Adapun gol balasan Espanyol dicetak oleh David Lopez.

Pada laga ini, pasukan Luis Enrique tampil mendominasi dengan ball possession sebesar 67 persen berbanding 33 persen. Blaugrana pun memaksa barisan belakang Espanyol untuk bekerja keras selama 90 menit. Mereka melepas 14 tembakan, 7 di antaranya tepat sasaran.

Kendati mendominasi permainan dan rajin menyerang, Barca harus menunggu 18 menit untuk bisa membuka keunggulan. Gol perdana tim tuan rumah dicetak oleh Luis Suarez yang diawali oleh skema serangan balik.

Menerima umpan jauh dari Andres Iniesta, Suarez berlari sendirian menuju kotak penalti Espanyol. Meski mendapat kawalan dari Lopez, ia berhasil melepaskan tendangan kaki kanan pelan tetapi terarah ke pojok kanan gawang.

Gol Suarez menjadi satu-satunya pada babak pertama. Barcelona masuk kamar ganti dengan mengantongi keunggulan 1-0.

Masuk babak kedua, tepatnya menit ke-67, Suarez lagi-lagi menggetarkan jala gawang Espanyol. Juru gedor asal Uruguay itu mencetak gol ke-2 dengan memanfaatkan bola rebound tendangan Messi.

Hanya selang dua menit, kedudukan berubah jadi 3-0. Kali ini, giliran Jordi Alba yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia menaklukkan kiper Espanyol lewat sepakan kaki kiri keras.

Espanyol bukan tanpa perlawanan. Pada menit ke-79, kubu tuan rumah memangkas selisih skor setelah tembakan kaki kiri David Lopez bersarang di pojok kanan gawang Barcelona.

Barcelona membalas. Satu menit sebelum injury time, Messi membuat skor kembali berjarak tiga gol setelah sontekannya dari umpan Suarez tak kuasa dihalau kiper. Skor 4-1 bertahan hingga akhir permainan.

Dengan kekalahan ini, Espanyol tercecer di peringkat ke-9 denga mengemas 22 poin. (kps/dtc)